Beri Perlindungan Ekstra, Ini Dia Berbagai Manfaat Shea Butter untuk Kecantikan

manfaat shea butter untuk kecantikan

Salah satu cara untuk membuat rambut dan kulit senantiasa sehat adalah dengan membuat keduanya terhidrasi dengan biak.

Kondisi ini akan membuat kulit dan rambut lebih mudah menyerap nutrisi penting yang ada dalam produk perawatan kecantikan, sehingga proses perlindungan dan regenerasi diri pun akan bekerja dengan lebih optimal.

Untuk membantu memberikan hidrasi pada rambut dan kulit, kamu bisa menggunakan produk kecantikan yang menggunakan bahan-bahan emolien, seperti shea butter.

Yap! Kamu pasti udah enggak asing dengan bahan satu ini. Sebab telah banyak produk kosmetik yang menggunakan shea butter dalam komposisinya, seperti body care, hair care, skincare, dan kosmetik lainnya.

Namun apakah kamu sudah mengenal dengan baik asal serta manfaat shea butter untuk kecantikan kulit dan rambut? Kalau belum, kamu wajib banget membaca artikel ini sampai habis!

Shea Butter Adalah

manfaat shea butter untuk kecantikan (2)

Shea butter pada dasarnya merupakan jenis minyak alami yang didapatkan dari ekstraksi kacang pohon shea. Tanaman ini banyak tumbuh subur di sabana Afrika.

Sebelum menjadi minyak multitalenta, proses yang dilakukan cukuplah panjang. Mulanya, kacang pohon shea akan dikeringkan, dipanggang, dan digiling hingga menjadi bubuk halus.

Nah, bubuk inilah yang kemudian akan direbus hingga menghasilkan minyak mengambang di permukaan air. Minyak yang muncul ini akan dipisahkan dari air, dikumpulkan, kemudian didinginkan hingga menjadi lebih padat, serupa krim atau mentega.

Dari mentega inilah kemudian akan didapatkan shea butter yang kaya nutrisi dan manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut.

Berbagai Kandungan Shea Butter yang Baik untuk Kecantikan

manfaat shea butter untuk kecantikan (1)

Soal nutrisi, jangan ditanya lagi! Sebab shea butter dikatakan memiliki beragam kandungan yang sangat baik dalam merawat kulit dan rambut.

Meski pada dasarnya shea butter merupakan minyak alami, bahan ini pun mengandung beragam vitamin dan mineral, lho!

Penasaran apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam shea butter? Yuk, cek ulasan dan daftar lengkapnya berikut ini!

Vitamin A

Siapa yang enggak kenal dengan vitamin A? Kandungan yang juga disebut sebagai retinoid ini, bisa bekerja sangat aktif dalam memelihara kecantikan wajah serta rambut kamu.

Vitamin A dikenal sebagai agen pencerah yang sangat manjur dan efektif melawan kulit kusam, bintik penuaan, hingga warna kulit yang tidak merata.

Kandungan ini akan bekerja mendorong mengelupasnya sel kulit mati pada permukaan kulit, sehingga mempermudah proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Tak hanya itu, vitamin A juga dapat bertindak sebagai antiaging dengan menjaga produksi kolagen dalam jaringan kulit. Sebab, protein ini memiliki peranan yang penting dalam mempertahankan elastisitas dan mencegah adanya kerutan di wajah.

Vitamin E

Kayaknya bakal kebangetan banget, kalau seorang beauty enthusiast enggak kenal dengan vitamin E. Gimana enggak? Kandungan yang juga bekerja sebagai antioksidan alami ini, bisa dibilang memiliki banyak khasiat dalam merawat dan menjaga kesehatan kulit maupun rambut.

Buktinya, kamu bisa dengan mudah menemukan vitamin E dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan. Apalagi yang memang dikhususkan untuk menutrisi dan menjaga kesehatannya.

Kabar baiknya, vitamin E juga ditemukan dalam shea butter. Ini artinya, shea butter bisa membantu melawan radikal bebas, menutrisi kulit, dan menjaganya agar selalu sehat terawat.

Selain itu, vitamin E pun dapat meredakan gejala inflamasi hingga meminimalisir tampilan kemerahan, kusam, dan hiperpigmentasi pada kulit.

Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial merupakan sebuah kandungan alami yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, karenanya perlu adanya pasokan dari luar untuk memenuhinya.

Kandungan ini pun memiliki banyak jenis, yang hampir semuanya ada pada shea butter. Lalu apakah khasiat kandungan ini untuk kecantikan?

Jangan terburu-buru, ya. Asam lemak esensial memiliki perannan yang sangat penting dalam mencegah dehidrasi pada kulit dan ramnbut.

Tak hanya itu, kandunagn ini pun dapat bekerja sebagai antimikroba dan antiperadangan. Sehingga mampu membuat kulit sehat dengan mendorong proses penyembuhan luka, serta mencegah adanya infeksi bakteri.

Selain itu, beberapa jenis asam lemak esensial juga bisa memberikan perlindungan tambahan pada kulit. Sehingga kulit serta rambut kamu akan terhindar dari kerusakan dan penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Bahkan kandungan ini pun bisa membantu mengurangi kemunculan reaksi kulit sensitif, dan gejala peradangan akibat penyakit kulit yang kamu alami.

Lemak Trigliserida

Beda halnya dengan asam lemak esensial, lemak trigliserida bisa diproduksi secara alami oleh organ hati manusia.

Meski begitu, kebutuhan akan nutrisi ini biasnaya juga dipenuhi dari sumber lain, seperti shea butter.

Lemak ini sangat berperan penting sebagai pelindung kulit, pun menjaga kadar kelembapan alami pada wajah kamu.

Selain kandungan di atas, shea butter pun masih memiliki berbagai kandungan lain yang tak kalah baiknya untuk kulit. Seperti antioksidan, Cetyl Ester, dan lemak lain yang juga baik untuk kulit.

Berbagai Manfaat Shea Butter untuk Kecantikan Kulit

manfaat vitamin B untuk Kecantikan (1)

Setelah mengetahui kandungan di dalamnya, kamu pasti penasaran apa saja manfaat shea butter untuk kecantikan kulit. Apalagi mengingat bahan alami ini pun sangat banyak digunakan dalam komposisi produk perawatan kecantikan kulit tubuh dan wajah.

Nah, biar enggak tambah penasaran, cek ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Bekerja sebagai Pelembap Alami

Apakah kamu memiliki kulit yang kering dan mudah teriritasi? Kondisi ini tentunya memberikan rasa yang tidak nyaman dan mungkin sedikit menyakitkan buatmu.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan produk perawatan kecantikan kulit yang bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit wajahmu, seperti shea butter.

Ya, bahan alami satu ini dapat bekerja sebagai emolien alami dengan menghidrasi dan mengunci kelembapan alami pada kulit agar tidak mudah menghilang.

Mampu Bekerja sebagai Tabir Surya

Sinar matahari merupakan salah satu faktor terbesar atas berbagai masalah kecantikan yang umumnya terjadi pada kulit wajah dengan tubuhmu.

Ya, radiasi sinar UV berlebihan dapat masuk hingga ke dalam jaringan kulit dan berpotensi merusak sel-sel yang ada di sana. Inilah yang akhirnya menghambat proses regenerasi sel kulit dan membuat produksi melanin pada kulit meningkat.

Karenanya, bila terus terkena radiasi sinar UV secara berlebihan kulit secara perlahan akan berubah tampak kusam, muncul bintik penuaan, hingga kelembapan alami akan menghilang.

Kamu bisa menggunakan shea butter untuk mencegah berbagai dampak buruk sinar matahari pada kulit tersebut.

Kandungan Sun Protector Factor (SPF) dalam shea butter dapat kamu gunakan sebagai tabir surya tambahan demi menjaga kulit dari bahaya sinar matahari.

Mengatasi dan Meredakan Luka Bakar Ringan

Selain memberikan dampak besar pada penampilan kulit, paparan sinar matahari yang berlebihan pun berpotensi membuat kulit terbakar hingga melepuh.

Kondisi tersebut lebih popular dikenal dengan sebutan sun burning. Kulit yang terkena sun burning tentunya akan terasa sangat perih dan gatal, apalagi kalau bersentuhan dengan keringat.

Untuk meredakan dan mengatasi masalah luka bakar yang terbilang cukup ringan tersebut, kamu bisa menggunakan shea butter pada kulit.

Komponen antiinflamasi dalam bahan alami ini diyakini bisa membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Tak hanya itu, asam lemak esensial dan non esensial di dalamnya pun bisa meredakan luka bakar ringan.

Menunda Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Garis-garis halus, kerutan di sudut mata dan bibir, hingga kulit yang tampak kasar dan kendor merupakan tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Disebut penuaan dini karena kemunculannya yang lebih cepat dari seharusnya.  Yang kebanyak dipicu oleh dampak buruk radikal bebas, kurangnya jam tidur atau istirahat, stress berlebihan, hingga asupan gizi yang tidak seimbang.

Namun, kamu tak perlu terlalu khawatir. Penuaan dini dapat dihalangi dengan perawatan yang tepat, termasuk dengan menggunakan shea butter.

Karena bahan satu ini kaya akan kandungan triterpene yang bisa merawat serta mendorong produksi kolagen dalam jaringan kulit.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan E yang dimilikinya pun diketahui sangat efektif dalam menstimulasi proses regenerasi sel kulit dan merangsang pembentukan sel baru yang jauh lebih sehat.

Perpaduan nutrisi super tersebut, tentunya akan sangat berperan besar dalam menghambat kemunculan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Misalnya dengan mengurangi bintik hitam dan kerutan di wajah.

Dapat Mengurangi Stretch Mark dan Keloid

Stretch marks maupun keloid merupakan dua masalah kecantikan kulit yang bisa muncul di bagian tubuh manapun. Pada beberapa kasus jerawat yang cukup parah, keloid bisa muncul dan menjadi bekas jerawat.

Kalau kamu memiliki masalah dengan keduanya, shea butter bisa membantumu untuk mengatasinya. Ya, kandungan vitamin A dan E dalam bahan ini bisa melembapkan serta mengembalikan kekenyalan kulit serta mengurangi tampilan stretch mark.

Sementara itu, kandungan asam lemak esensial dalam shea butter pun bisa membantu hidrasi kulit dan mengurangi kemungkinan pertumbuhan keloid.

Mencegah Munculnya Jerawat

Tahukah kamu kalau shea butter pun bisa membantu mencegah kemunculan jerawat? Ya, bahan yang pada dasarnya merupakan minyak alami ini bisa membantumu mengontrol produksi sebum berlebih, tentunya tanpa membuatnya terlalu kering.

Karenanya, keseimbangan kadar sebum pada kulit pun akan jauh lebih tejaga. Hasilnya, wajah pun akan kian sehat dan kemungkinan kemunculan jerawat bisa diminimalisir.

Mencegah Infeksi dan Meredakan Peradangan pada Kulit

Shea butter merupakan minyak alami yang memiliki banyak nutrisi baik untuk kulit. Nutrisi inilah yang kemudian diyakini mampu melindungi kulit dari infeksi bakteri dan jamur

Selain itu, komponen antiradang dalam bahan ini pun bisa membantu menenangkan kulit, meredakan rasa tak nyaman dan gatal yang bisa disebabkan oleh eksim, dermatitis atopic, psoriasis, bahkan iritasi pada kulit bayi.

Manfaat Shea Butter untuk Kecantikan Rambut

urang aring untuk rambut (1)

Selain untuk kulit, manfaat shea butter untuk kecantikan rambut juga tak perlu diragukan lagi banyaknya. Mau tahu apa saja? Langsung baca ulasannya di bawah ini, ya, Ladies!

Membantu Mengatasi Ketombe

Ketombe terbilang sangat umum terjadi dan hampir dialami oleh sebagian besar orang. Kondisi ini akan memicu rasa tidak nyaman pada kulit kepala, seperti adanya rasa gatal, lepek, atau bahkan rambut yang beraroma apak.

Salah satu manfaat shea butter untuk kecantikan rambut adalah mengatasi masalah ketombe. Kandungan vitamin E-nya mampu bekerja untuk menenangkan kulit kepala dan memberikan nutrisi tambahan.

Sementara itu, kandungan antimikrobanya akan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan membuat kepala jauh lebih sehat.

Melindungi Kulit Kepala dan Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa shea butter mengandung SPF alami yang bisa menangkal dampak buruk sinar matahari, yang ternyata juga bisa berdampak buruk pada rambutmu.

Paparan radiasi matahari yang intens, bisa membuat kulit kepala lepek, membuat rambut jadi kering dan kehilangan kelembapan alaminya.

Untungnya, shea butter pun dilengkai dengan antioksidan. Sehingga fungsi perlindungannya pun akan jadi jauh lebih optimal.

Melembutkan Batang Rambut

Tak hanya kulit, rambut pun perlu mendapatkan hidrasi yang cukup demi merawat kesehatan dan kecantikannya. Sebab dengan kondisi terlalu kering, rambut justru akan terasa kasar dan mudah bercabang.

Kandungan cetyl esters dalam shea butter bisa membantu mengatasi problem satu itu. Ya, yakni dengan bekerja sebagai pelembap alami dan mengunci hidrasi pada kulit kepala serta rambutt kamu.

Merawat dan Menutrisi Kulit Kepala

Merawat kulit kepala dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tentulah sangat penting. Mengingat bagian tubuh satu ini pun sama rentannya terdampak radikal bebas dan paparan sinar matahari berlebihan.

Shea butter bisa menjadi pilihan bahan alami yang kamu gunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut. Dengan perawatan rutin, shea butter pun bisa membantu meningkatkan tekstur dan merangsang proses pertumbuhan rambut.

Mengatasi Kerusakan Rambut

Apakah kamu termasuk orang yang sangat suka menggunakan berbagai produk styling rambut, seperti pewarna atau pelurus rambut kimiawi?

Hati-hati, penggunaan kedua hal tersebut terlalu sering hanya akan membuat rambutmu bermasalah dan mengalami kerusakan.

Kalau sudah terlanjur pakai, kamu bisa mendampingi penggunaan produk tersebut dengan perawatan rambut yang intens. Khsususnya dengan memakai bahan alami seperti shea butter, yang bisa melembapkan, memperbaiki struktur, hingga memperkuat rambut.

Wah! Setelah membaca ulasan di atas kamu pasti juga takjub karena ternyata manfaat shea butter untuk kecantikan kulit dan rambut sangatlah banyak.

Tak hanya itu, kandungan ini pun dinilai aman untuk semua jenis kulit, sehingga tidak akan membuat kulit jadi kering bahkan mengalami iritasi. Cocok banget buat dicoba, ya!

Selain menggunakan produk jadi, kamu pun bisa mengembangkan resep skincare berkandungan shea butter ala kamu sendiri bersama PT. Mash Moshem Indonesia.

Tim RnD kami akan membantumu menyusun formula skincare/body care atau hair care paling ideal dan efektif dengan kandungan shea butter.

Eits! Jangan takut kalau formulamu ditiru atau digunakan pada brand lain. Karena, kami selalu mengutamakan privasi klien, tidak sembarangan mempromosikan brand kamu, ataupun dengan sengaja memberitahukan formula skincare yang kamu buat kepada pihak competitor.

Justru, kami akan mendukung brand kosmetik yang kamu buat bersama kami dengan menjaga dengan baik bisnis yang kamu jalankan. Menarik, bukan?

Well, jangan terlalu lama berpikir dan berasumsi sendiri. Segara hubungi tim kami dan diskusikan brand kosmetik impianmu bersama ahlinya! Sampai ketemu, Guys!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment