Cara Buat Parfum Wangi Tahan Lama, Dijamin Awet! 

cara buat parfum wangi tahan lama

Bagaimana sih cara buat parfum wangi tahan lama? Parfum dengan wangi tahan lama memang menjadi primadona di tengah munculnya produk parfum lokal yang ada sekarang ini. 

Dari segi penjualan, parfum dengan wangi tahan lama juga kerap menarik minat banyak orang daripada parfum dengan intensitas bau yang cepat hilang. Makanya, peluang bisnis parfum semacam ini masih cukup menjanjikan buat dicoba. 

Kalau kamu sudah dengan produk-produk parfum dan tertarik bisnis di bidang ini, lebih baik kamu coba bikin brand parfum sendiri. Bagaimana caranya? Buat saja pakai jasa maklon parfum Mash Moshem Indonesia! 

Mash Moshem nggak cuma memproduksi parfum, tetapi juga meracik bahan dan aroma yang pas untuk membuat parfum kamu. Sebelum membahas lebih lanjut, lebih baik kamu pelajari penjelasan cara bikin parfum di bawah ini! 

Tahapan Cara buat Parfum Wangi Tahan Lama 

Mempunyai aroma tubuh yang harum tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri. Nggak cuma membuat diri kamu merasa nyaman, tetapi juga membuat orang di sekitar merasa betah berada di sekitar kamu. 

Oleh karena itu, parfum menjadi salah satu produk yang sangat penting untuk dimiliki, baik oleh pria maupun wanita. Banyak orang menginginkan aroma parfum yang bisa bertahan lama di tubuh mereka. 

Ternyata, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat wangi parfum tetap awet. Menurut Rachel House, seorang ahli di industri parfum, ada 5 langkah yang dapat kamu ikuti agar aroma parfum dapat bertahan lama.  

Pilih Kandungan Bahan Berkualitas 

Cara buat parfum wangi tahan lama yang pertama adalah pilih bahan parfum berkualitas. Untuk meracik parfum yang awet, kamu perlu memilih bahan parfum berkualitas. 

Bahan parfum, yang juga dikenal sebagai biang parfum, merupakan komponen wangi yang diekstrak dari beragam bahan alami. Mulai dari bunga, buah-buahan, tanaman, bahkan termasuk aroma yang berasal dari hewan.

Umumnya, bahan parfum memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dengan aroma yang kuat dan tajam. Saat proses meracik, biasanya bahan parfum dicampur dengan bahan lain. Misalnya, alkohol atau formula pengikat aroma yang menciptakan komposisi sempurna.  

Cara Membuat Parfum Wangi Tahan Lama: Tetapkan Jenis Alkohol yang  Dipakai 

Langkah berikutnya adalah memilih jenis alkohol yang akan dimasukkan ke dalam campuran parfum. Peran alkohol dalam proses ini sama pentingnya dengan bahan parfum yang kamu gunakan.

Alkohol nggak hanya berfungsi sebagai pelarut untuk bibit parfum, tetapi juga memiliki peran dalam menyebarkan aroma parfum. Bahkan, kandungan ini bisa mengendalikan aroma parfum agar nggak menguap.

Umumnya, jenis alkohol yang sering digunakan dalam pembuatan parfum adalah etanol. Zat ini lebih dikenal juga sebagai alkohol absolut. 

Untuk menciptakan parfum dengan aroma yang tetap bertahan lama, disarankan memakai alkohol murni dengan kandungan sekitar 96%. Pastikan bahwa alkohol yang kamu pakai sudah lolos kualifikasi food grade. 

Baca juga “Jenis Aroma Parfum Pria Paling Banyak Dicari, Ini Daftarnya!” 

Tambahkan Penguat Aroma Fiksatif 

Beberapa cara buat parfum wangi tahan lama memanfaatkan bahan penguat aroma atau fiksatif untuk meningkatkan aroma parfum. Secara umum, fiksatif biasanya berasal dari bahan alami, walaupun saat ini tersedia versi sintetis dari bahan alami tersebut.

Fiksatif alami berasal dari getah tumbuhan dan produk hewani seperti ambergris, castoreum, dan musk yang berasal dari muntahan paus. Penambahan fiksatif dalam komposisi parfum biasanya dilakukan dalam jumlah rendah, sekitar 3-5% dari keseluruhan formula parfum.

Penggunaan fiksatif membantu mengurangi tingkat penguapan alkohol sehingga aroma parfum dapat bertahan lebih lama. Meskipun demikian, banyak pembuat parfum yang tidak memasukkan fiksatif karena menganggap bahwa fungsi tersebut sudah terpenuhi oleh alkohol.  

Cara Membuat Parfum Wangi Tahan Lama: Gunakan Botol Parfum yang Sesuai 

Menyusun dimensi botol parfum menjadi faktor krusial dalam proses pencampuran parfum untuk memastikan ketahanannya. Karenanya, kapasitas botol parfum menentukan jumlah yang optimal dari elemen-elemen parfum, alkohol, dan fiksatif.

Botol parfum dapat hadir dalam variasi ukuran, termasuk 8 ml, 15 ml, 20 ml, 30 ml, dan sejenisnya. Bagi kamu yang baru memasuki dunia parfum, sebaiknya memulai dengan meracik parfum dalam volume botol yang lebih kecil. 

Racik Formulasi Bahan 

Cara buat parfum wangi tahan lama selanjutnya adalah menentukan perbandingan bahan. Apabila kamu mau aroma yang intens dan bisa bertahan lama, pakailah formulasi dengan perbandingan 2:1. 

Dengan kata lain, proporsi bahan parfum yang digunakan lebih besar daripada alkohol. Dengan begitu, parfum akan menghasilkan aroma yang lebih khas dan tahan lama karena konsentrasi bahannya lebih tinggi daripada alkohol.  

Komposisi Bahan Baku Parfum dengan Wangi Tahan Lama

cara buat parfum wangi tahan lama dan komposisinya

Setelah mengetahui cara buat parfum wangi tahan lama, selanjutnya cari tahu juga kandungan bahan apa saja yang kerap kamu pakai saat membuat parfum. Walaupun setiap brand parfum punya kandungan bahan yang berbeda, tetapi aroma bahan-bahan berikut ini kerap terpakai. 

Apa saja kandungan bahan yang terkenal punya aroma wangi tahan lama? Yuk, cek daftarnya melalui ulasan di bawah ini! 

Aroma Musk 

Musk telah menjadi salah satu esensi parfum yang sangat terkenal dan menjadi dasar catatan favorit dalam dunia parfum. Keunikan aroma musk sering kali terhubung dengan nuansa kayu dan tanah. 

Makanya, aroma ini mampu menciptakan karakter yang sensual dan hangat. Aroma parfum semacam ini, lebih disukai pria daripada wanita. Namun, kesan yang diberikan nggak terlalu kuat dan tetap lembut, elegan, dan menambah sentuhan anggun saat kamu pakai. 

Aroma Citrus 

Parfum aroma citrus juga sering menjadi pilihan para pria maupun wanita. Aromanya yang segar membuat parfum semacam ini bisa dipakai secara unisex dan cocok buat segala jenis gender. 

Sentuhan aroma buah jeruk akan memberikan kesan kesegaran dan memelihara semangat kamu selama beraktivitas sepanjang hari. Aroma buah jeruk ini menampilkan karakter yang riang dan menyegarkan. 

Temukanlah cara buat parfum wangi tahan lama dengan sentuhan buah jeruk agar terkesan elegan. Kombinasi aroma buah jeruk juga semakin menarik saat kamu mencampurnya dengan aroma bahan lainnya seperti vetiver, bergamot, atau cypress.

Aroma Kayu/Woody 

Kemudian, aroma parfum yang tahan lama dan mampu menciptakan nuansa maskulin dan lembut adalah kayu. Keharuman kayu seperti cedarwood atau sandalwood mampu memberikan kesan tegas dan hangat secara bersamaan. 

Parfum yang mengandung aroma kayu ini seringkali menjadi pilihan yang ideal untuk momen berkencan atau makan malam romantis bersama pasangan. Kesan manis juga akan muncul setiap kali kamu menyemprotkan parfum wangi Woody ke pakaianmu. 

Aroma Aqua 

Parfum beraroma aqua sering menjadi pilihan favorit banyak orang. Dengan komposisi segar dan bernuansa tropis, parfum ini mampu memberikan sensasi seolah-olah sedang berada di tepi pantai. 

Wangi aqua ini juga cenderung cocok buat para pria yang nggak menyukai parfum dengan aroma yang terlalu tajam. Parfum beraroma aqua ini umumnya terbuat dari perpaduan bahan rockrose, patchouli, dan aroma buah. 

Makanya, parfum ini mampu menciptakan kombinasi yang menyegarkan. Parfum yang memiliki base notes aroma aqua sangat ideal untuk dipakai di siang hari.  

Baca juga “Peluang Pasar Parfum Gel dan Cara Membuatnya dengan Brand Sendiri

Aroma Rempah-rempah 

Mungkin kamu merasa heran mengapa rempah-rempah termasuk dalam formulasi parfum. Nyatanya, rempah-rempah menjadi salah satu elemen campuran aroma parfum yang paling banyak peminatnya. 

Aroma pedas dapat ditemukan dalam rempah seperti lada, sage, jahe, ketumbar, dan basil. Saat kamu padukan dengan aroma kayu atau musk, parfum ini akan menciptakan kombinasi yang sangat cocok buat pria. 

Aroma Kulit/Leather  

Parfum ini termasuk dalam golongan aroma mewah dengan komposisi yang rumit. Keistimewaannya tidak hanya terletak pada proses pembuatannya yang kompleks, tetapi juga pada penggunaan bahan-bahan premium. 

Oleh karena itu, nggak mengherankan bahwa parfum dengan aroma leather memiliki harga yang lebih tinggi dari aroma lain. Aroma leather yang khas dan elegan juga sangat cocok kamu pakai di berbagai kesempatan, baik itu untuk aktivitas sehari-hari maupun acara formal.

Yuk, Bikin Brand Parfum Sendiri di Mash Moshem Indonesia! 

Parfum masih menjadi salah satu lini bisnis yang cukup menjanjikan, apalagi kalau kamu bisa meracik aroma yang unik dan tahan lama. 

Cara buat parfum wangi tahan lama sebenarnya bisa kamu lakukan secara manual. Tapi, kalau kamu mau berbisnis parfum dengan jumlah produksi yang lebih banyak, mending pakai jasa maklon parfum dari Mash Moshem Indonesia saja. 

Selain praktis dan bisa memproduksi secara massal, Mash Moshem Indonesia juga menawarkan layanan One Stop Maklon dengan bantuan mulai dari proses pra produksi sampai pasca produksi. 

Kapan lagi kamu menemukan tempat maklon parfum dengan layanan selengkap ini ‘kan? Makanya, buruan konsultasikan ide bisnis parfum kamu sekarang juga dengan mengklik tombol hijau di bawah ini!  

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading