Kenali Kandungan Cocamidopropyl Betaine dalam Skincare, Apa Manfaatnya?

cocamidopropyl betaine dalam skincare

Kamu mungkin tak cukup familiar dengan nama Cocamidopropyl betaine (CAPB), meski begitu bahan ini termasuk salah satu yang paling umum dan cukup populer di industri kosmetik. Secara khusus kandungan Cocamidopropyl Betaine ini juga cukup populer dalam pembuatan skincare, loh.

Ada banyak jenis produk perawatan kecantikan, seperti skincare dan body care, mengandung Cocamidoprophyl betaine dalam formulanya. Saking banyaknya, ketika kamu menelaah produk-produk tersebut kamu mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa manfaat utama dari kandungan satu ini?

Melansir dari Byrdie, para ahli menjelaskan bahwa Cocamidoprophyl betaine adalah asam lemak sintetik yang berasal dari kelapa. Senyawa kimia ini termasuk ke dalam surfaktan, sehingga ketika berinteraksi dengan air akan membuat molekulnya licin dan tak saling menempel.

Kalau sudah dengar soal surfaktan, kamu pasti bisa menebak produk seperti apa saja yang bisa menggunakan Cocamidoprophyl betaine sebagai bahan dasarnya bukan?

Nah, Beautypreneurs, untuk dapat mengetahui semua manfaat kandungan Cocamidopropyl Betaine dalam skincare, serta cara penggunaannya yang tepat, kamu bisa simak ulasan berikut ini. Enjoy reading!

Apa itu Cocamidopropyl Betaine?

Sebelumnya telah sedikit kita singgung mengenai asal muasal Cocamidoprophyl betaine. Namun tak ada salahnya untukmu mempelajari lebih dalam mengenai asal usul kandungan ini terlebih dahulu.

Jika kamu sering menggunakan produk pembersih kulit yang dapat berbusa atau produk-produk dengan sediaan krim, sangat besar kemungkinan bahwa kulitmu telah berkenalan secara langsung dengan Cocamidoprophyl betaine.

Yap! Ini karena Cocamidoprophyl betaine merupakan asam lemak turunan sinstetis yang berasal dari kelapa. Bahan ini bertindak sebagai surfaktan, yang jika molekulnya bersentuhan dengan air membuat kandungan ini jadi lebih licin dan tak saling menempel.

cocamidorpopyl betaine adalah (2)

Karena tergolong ke dalam surfaktan, Cocamidoprophyl betaine juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mengikat minyak, kotoran, dan polusi di permukaan kulit. Meski begitu, kandungan ini terbilang lebih lembut dan dapat membantu sebagai penguat busa dalam produk.

Nilai lebihnya lagi, menurut Byrdie, Cocamidoprophyl betaine juga memiliki sifat menghidrasi karena secara alami diperoleh dari kelapa. Tak heran kalau bahan ini kerap diolah ke dalam formulasi produk perawatan kecantikan kulit, entah itu untuk pembersih wajah ataupun tubuh.

Manfaat Cocamidopropyl Betaine untuk Kulit

Setelah mempelajari asal usul dan sifatnya lebih dalam, tak lengkap kalau kamu juga tak mengenali manfaat Cocamidoprophyl betaine dalam skincare untuk kulitmu.

Sebenarnya kandugan ini terbilang cukup serbaguna, karenanya kamu bisa menemukan banyak produk dengan Cocamidoprophyl betaine dalam formulanya. Namun, secara umum berikut ini beberapa manfaat yang membuat Cocamidoprophyl betaine cukup populer di industri kosmetik.

Apa saja? Check it out!

manfaat cocamidorpopyl betaine adalah

Membantu Membersihkan Kulit

Manfaat utama dari Cocamidoprophyl betaine adalah membantu membersihkan kulit dari minyak dan kotoran. Memiliki sediaan yang sangat kental, kandungan ini terbilang sangat efektif untuk mengikat minyak dan efektif menciptakan busa.

Tak hanya kotoran dari debu dan polusi, surfaktan dari kelapa ini juga bagus untuk menghapus riasan wajah, loh. Karenanya, tak hanya untuk facial wash, kamu juga bisa memformulasikan face cleaser dan make up remover menggunakan kandungan satu ini.

Menjaga Hidrasi Kulit

Kamu mungkin berpikir bahwa semua surfaktan bisa menyebabkan kulit kering dan terasa kasar. Nope! Pendapat itu tak sepenuhnya benar, apalagi kalau yang sedang kita bicarakan ini adalah Cocamidoprophyl betaine.

Ya, selain sifatnya yang lembut, Cocamidoprophyl betaine dapat membantu menghidrasi kulit. Faktanya, para ahli menyebutkan bahwa bahan ini jauh lebih menghidrasi daripada kebanyakan bahan surfaktan lainnya.

Lembut di Kulit

Saat mencuci wajah ataupun mandi, tak jarang kita akan merasa kulit jadi ketat dan mudah bersisik. Ini mendadakan bahwa minyak alami yang ada dalam kulit terangkat secara berlebihan. Berbeda dengan kulit normal, pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitive, tentu hal ini bisa membawa masalah tersendiri.

Salah satu nilai lebih dari kandungan Cocamidoprophyl betaine adalah sifatnya yang lembut di kulit. Ini karena bahan tersebut mampu menjaga hidrasi kulit, namun tetap dapat membantu mengikat kotoran dan minyak berlebihan.

Dapat Digunakan Setiap Hari

Manfaat Cocamidoprophyl betaine selanjutnya adalah dapat kamu gunakan setiap hari. Membersihkan kulit wajah adalah salah satu hal yang sangat penting dan mendasar dalam rutinitas perawatan kecantikan dan kesehatan kulit.

Tentu, beauty enthusiast atau bahkan masyarakat umum juga sangat mungkin mengintegrasikan produk pembersih ini ke dalam rutinitas harian mereka. Sebagai brand owner, kamu pasti menyadari bahwa sangat penting untuk menciptakan produk yang tepat dan aman untuk konsumenmu gunakan tiap hari.

Cocamidoprophyl betaine adalah bahan yang dapat secara aman mereka gunakan secara rutin tiap hari. Bahan ini sangat bagus untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk akibat polusi, debu, hingga riasan wajah. Selain itu sifatnya yang lembut dan menghidrasi pun tak akan membuat kulit jadi terasa ketat ataupun kering.

Cocok untuk Mendukung Fungsi Moisturizer dan Lotion

Manfaat lain dari Cocamidoprophyl betaine adalah sangat bagus untuk pengguna pakai sebelum mengaplikasikan pelembap mupun losyen tubuh. Ini karena produk ini mampu menjaga kadar minyak alami dalam kulit dan tak mencegahnya jadi terlalu kering sehabis mandi maupun cuci muka.

Karenanya, kulit akan semakin mudah menerima kandungan-kandungan dari produk dengan sediaan sekental pelembap dan losyen. Hal ini juga akan membantu kedua jenis produk tersebut dapat bekerja lebih optimal dan memberikan manfaat maksimal untuk kulit.

Adakah Efek Samping dari Cocamidopropyl Betaine untuk Kulit?

Sebelum benar-benar memformulasikan Cocamidopropyl Betaine untuk produk kosmetikmu. Kamu juga harus meninjau semua aspek penting dari kandungan ini, termasuk adanya efek samping pada kulit. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan produk terbaik dan tepat sesuai dengan konsumenmu.

Melansir dari Byrdie, Cocamidopropyl Betaine memiliki satu kelemahan yakni dapat menimbulkan masalah bagi orang dengan kulit berjerawat.

Ini karena CAPB sangat efektif dalam menghilangkan kotoran dari kulit, di mana untuk orang dengan jenis kulit acne prone, kandungan ini berpotensi bereaksi dengan mengkompensasi secara berlebihan dan menghasilkan lebih banyak sebum. Alhasil, sebum ini akan menumpuk dan menyumbat pori-pori, yang juga akan menimbulkan jerawat.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Menciptakan Skincare Terbaik Menggunakan Cocamidopropyl Betaine?

cara menciptakan skincare

Semua bahan tentunya memiliki manfaat dan efek tertentu pada kulit. Di luar dari bahan itu sendiri, tiap individu juga memiliki kondisi kulit dan hormone yang sangat berbeda. Sehingga, tiap kandungan juga akan menghasilkan reaksi yang beragam, sesuai dengan pemakainya.

Meski begitu, adanya efek samping ini bisa kita minimalisir dengan menciptakan formula terbaik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Begitupun jika kamu mau menciptakan skincare menggunakan Cocamidopropyl Betaine sebagai salah satu bahan dasarnya.

Tim formulator kami telah berpengalaman selama bertahun-tahun, serta menciptakan lebih dari 2000 produk yang resmi terdaftar di BPOM. Sehingga, kami percaya diri untuk membantu memformulasikan Cocamidopropyl Betaine ke dalam skincare yang tak hanya aman tapi juga bermanfaat untuk kosnumenmu.

Bersama jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia kamu bisa menciptakan produk apapun dengan bahan-bahan yang kamu inginkan. Eits! Asal masih dalam kategori aman dan diperbolehkan oleh BPOM, ya!

Selain produksi dan penciptaan formula produk, kami juga akan memfasilitasimu dengan layanan pengurusan legalitas BPOM, sertifikasi produk, pengurusan HAKI, hingga pembuatan media promosi.

Menarik, kan? Segera hubungi tim pemasaran kami via ikon WhatsApp di bawah atau klik di sini untuk berkonsultasi. See you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts