Insight Bisnis

5 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Bisa Digunakan Oleh Bisnis

indikator kepuasan pelanggan

Dalam menjalankan bisnis, terutama kosmetik, kamu tidak bisa cuma fokus ke strategi pemasaran saja, tapi juga mempertahankan loyalitas bagi pelanggan. Tujuannya supaya dapat membangun reputasi dan mendorong pertumbuhan brand kosmetikmu. Salah satu caranya adalah membuat pelanggan merasa puas atas produk dan layanan yang kamu berikan, baik dari segi kualitas, maupun pelayanannya.

Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum tahu bagaimana cara mengukur indikator kepuasan pelanggan. Indikator inilah yang membantu kamu untuk mengukur seberapa puas pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan. 

Mulai dari terpenuhinya hak pelanggan, kemudahan bertransaksi, layanan konsumen yang menyenangkan, hingga kualitas produk yang terjamin dan bermutu tinggi. Oleh karena itu, pahami indikator kepuasan pelanggan pada artikel ini.

Apa Itu Indikator Kepuasan Pelanggan?

Indikator kepuasan pelanggan merupakan sebuah tingkat rasa puas dari para konsumen setelah mencoba produk yang kamu jual. Plus, kemudian membandingkan produk tersebut dengan kondisi yang ditawarkan sebelumnya.

Kepuasan pelanggan inilah yang kedepannya dapat membuat pelanggan kamu menjadi cocok dan setia untuk membeli produk yang kamu jual.

Selain itu dengan mengukur bagaimana kepuasan pelanggan, kamu jadi tahu mana poin dari produkmu yang perlu ditingkatkan, dipertahankan, atau bahkan diubah sama sekali.

Dengan kata lain, kamu memiliki tolok ukur yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan produk dan layanan menjadi lebih baik lagi.



5 Jenis Indikator Kepuasan Pelanggan

Berikut ini adalah 5 indikator kepuasan pelanggan yang wajib kamu ketahui agar bisa membantu strategi pemasaran bisnismu. Apa saja?

Kualitas Produk

Kepuasan pelanggan akan ditentukan oleh kualitas produk yang baik. Disini pelanggan akan sangat menginginkan untuk mendapatkan produk yang berkualitas, sesuai dengan harapan dan kebutuhan mereka.

Untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis, usahakan selalu tingkatkan kualitas produk kamu sebagus mungkin ya. Hal ini akan dapat meningkatkan kepuasan para pelanggan produk kamu lho.

Maka dari itu, dimulai dari sekarang kamu harus sering perhatikan kualitas produk perusahaan kamu jika ingin mendapatkan kepuasan pelanggan yang baik.

Nah, sebagai brand owner kosmetik, kamu tentu memahami bahwa kualitas produk ini berkaitan dengan banyak factor. Termasuk bahan yang digunakan, takaran formulasi, hingga pembuatan produk tersebut.

Jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia sendiri telah memiliki pengalaman belasan tahun di industri kecantikan. Sudah ribuan produk kosmetik telah kami ciptakan dan terdaftar secara resmi di laman BPOM.

Karenanya, ketika membuat dan mengembangkan produkmu bersama kami, tak perlu khawatir soal kualitas dan keunikan produk. Pengalaman panjang kami adalah bukti bagaimana kami mampu menciptakan produk terbaik di pasaran.

Kualitas Pelayanan Konsumen

Selain memperhatikan kualitas produk, memperhatikan pelayanan terhadap para pelanggan juga merupakan kunci untuk mendapatkan kepuasan pelanggan.

Berikan pelayanan yang memuaskan dengan bersikap ramah dan baik kepada pelanggan, agar hati para pelanggan menjadi puas.

Jika pelanggan sudah mendapatkan kualitas pelayanan ini, dijamin mereka akan lebih memilih menggunakan produk yang kamu jual dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kamu.

Baca Juga: 10 Cara Mempertahankan Loyalitas Konsumen untuk Tingkatkan Penjualan

Harga Produk

Harga produk juga akan menjadi pertimbangan untuk faktor kepuasan pelanggan. Jika kita mampu memberikan tawaran harga produk yang terjangkau, pelanggan akan merasa lebih puas.

Terjangkaunya harga produk juga akan menjadi tawaran tambahan, lho. Apalagi, kalau produkmu memiliki kualitas yang mumpuni.

Namun, bukan berarti kamu harus menurunkan semua harga produkmu ya. Memasangkan harga produk yang sedikit lebih mahal juga boleh saja kok, asalkan masih sesuai dengan kualitas.

Harga yang kamu tetapkan harus sesuai dengan kualitas produk. Agar tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap produk yang kamu jual.

Kemudahan Akses Produk

Selain harga, faktor untuk menaikan kepuasan pelanggan salah satunya kemudahan untuk mengakses produk. Cara dan akses yang mudah untuk memperoleh produk adalah salah satu keinginan pelanggan.

Untuk kamu yang akan memulai untuk berbisnis, sangat disarankan untuk memberi kemudahan akses untuk proses jual beli produk. contohnya memberi kemudahan pelanggan saat ingin memesan produk yang kamu jual, seperti mendistribusikan produk di pasar swalayan dan mendistribusikan produk secara online.

Usahakan untuk menghindari biaya tambahan dan sistem birokrasi pembayaran yang cukup merumitkan pelanggan ya. Itu semua untuk jaga-jaga agar pelanggan bisa membeli produk yang kamu jual dengan mudah dan tidak ribet.

Cara Iklan

Menggunakan teknik periklanan akan sangat memudahkan kamu ketika melakukan promosi produk. iklan bisa berpeluang menjadi penentu kepuasan para pelanggan.

Ketika melakukan periklanan, usahakan kamu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Hal ini agar pelanggan bisa teredukasi dari tawaran yang kamu promosikan.

Penggunaan bahasa yang jujur dan sederhana bisa membuat para pelanggan menjadi percaya dengan produk yang diiklankan, sesuaikan dengan kualitas produk yang kamu miliki.



Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Selain mengetahui faktor-faktor pemicu kepuasan pelanggan, disini kamu wajib banget untuk tahu metode pengukuran kepuasan pelanggan.

Hal ini harus kamu laksanakan untuk dapat mengetahui sudah sejauh mana para pelanggan kamu sudah puas dengan produk yang kamu jual.

Berikut ini ada beberapa cara dan metode untuk kamu bisa mengukur sudah sejauh mana sih para pelanggan puas dengan produk yang kamu jual, dan sudah meningkat sejauh mana penjualan produk kamu, seperti:

Sistem Keluhan dan Saran

Penggunaan metode ini berfungsi untuk menampung seluruh saran dan keluhan dari para pelanggan produk kamu.

Caranya, kamu bisa menggunakannya melalui media sosial dengen memberi fitur kotak saran, e-mail, media sosial dan telepon bebas pulsa.

Melalui metode ini, kamu akan bisa mengetahui apa saja yang pelanggan keluhkan. Kemudian bisa mengevaluasi setiap hasil keluhan para pelanggan untuk meningkatkan kepuasan mereka.

Dari tampungan keluhan dan saran ini, kamu bisa membuat ide-ide baru, dan bisa kamu terapkan untuk perkembangan produk kamu kedepannya.

Semua ide-ide tersebut bisa menjadi solusi untuk menghadapi keluhan para pelanggan kamu. Dan juga bisa kamu jadikan strategi untuk mendapatkan kepuasan dari pelanggan.

Ghost Shopping

Agar kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa sih pengalaman yang didapatkan oleh para pelanggan produk, kamu bisa menyewa jasa untuk berperan sebagai seorang pelanggan juga (Ghost Shopping)

Disini para Ghost Shopping akan memperhatikan dan mengamati setiap kelemahan dan kekuatan dari produk yang kamu jual. 

Lost Customer Analysis

Metode lost customer analysis akan berfungsi untuk menghubungi para pelanggan kamu yang telah berhenti membeli produk.

Disini kamu bisa mencari tahu penyebab yang membuat para pelanggan kamu berhenti membeli produk dan mencari tahu kenapa mereka tidak lagi memberi produk tersebut.

Hadirnya metode customer loss rate ini akan membantu kamu untuk melakukan peningkatan dan juga menjadi referensi untuk bahan evaluasi, kenapa produk kamu gagal memenuhi kepuasan para pelanggan produk kamu.

Baca Juga: 9 Tips Psikologi Marketing, Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Survei Kepuasan Pelanggan

Metode mensurvei kepuasan pelanggan adalah salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana peningkatan produk yang kamu jual.

Penggunaan metode ini biasanya dimulai dengan membuat semacam kuesioner dengan berisi pertanyaan melalui survey yang akan dilaksanakan secara online maupun offline.

Menyesuaikan keadaan masyarakat saat ini, menggunakan survei secara online adalah metode pengukuran indikator kepuasan pelanggan yang paling ideal untuk kamu lakukan.

Adapun beberapa hal yang wajib kamu perhitungkan dahulu sebelum melakukan survei, agar setiap jawaban survei bisa lebih akurat dan maksimal.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum melaksanakan survei seperti:

  1. Membuat sebuah pertanyaan yang sifatnya mengajak mereka untuk memberikan jawaban berupa tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk yang kamu jual
  2. Lebih tekankan untuk memberi pertanyaan berupa arahan yang detail dan jelas agar mereka mudah untuk menjawabnya dengan detail dan jelas pula.
  3. Usahakan hindari membuat pertanyaan yang terlalu banyak, hal ini bisa memicu kepusingan para pelanggan, dan malas untuk mengisinya
  4. Jika kamu memiliki anggaran lebih, kamu bisa memberikan hadiah kepada setiap pelanggan kamu yang mengisi survei. Hadiah tersebut bisa berupa bonus dan diskon. Selain itu hadiah ini bisa menjadi sebuah penghargaan tersendiri untuk para pelanggan.

Metode Analisis Mantan Pelanggan

Fenomena berpalingnya para pelanggan terhadap produk yang kamu jual adalah sebuah hal yang sangat mungkin terjadi, dan pasti memiliki sebab musababnya.

Agar kamu dapat mengetahui setiap penyebabnya, akan sangat baik untuk kamu melakukan metode analisis terhadap mantan pelanggan produk kamu.

Kamu bisa memulainya dengan menghubungi mantan-mantan pelanggan kamu, kemudian menanyakan kepada mereka perihal apa penyebab para pelanggan berpaling ke produk lain.

Selain itu, usahakan ketika memberikan pertanyaan kamu menggunakan etika yang baik dan ramah. Hal ini untuk menghindari kesan bahwa perusahaan kamu memiliki attitude yang buruk.

Kemudian, jangan lupa mencatat setiap alasan mengapa mereka berpindah produk ya. karena alasan-alasan para pelanggan ini bisa kamu jadikan evaluasi untuk mengembangkan produk kamu kedepannya.

Setiap alasan para pelanggan ini juga bisa kamu jadikan sebagai pedopan untuk berjalannya bisnis kamu kedepan, dengan cara membuat strategi-strategi baru agar mantan pelanggan bisa kembali menggunakan produk kamu.

Yuk, Wujudkan Miliki Brand Kosmetik Sendiri yang Sukses Bersama Mash Moshem Indonesia!

Salah satu indikator kepuasan pelanggan yang paling penting adalah kualitas produk. Bukan tanpa alasan, jika ingin membuat pelanggan puas terhadap produk kosmetik, kamu harus menciptakan produk yang berkualitas dan bermutu. Memilih bahan dan formula yang tepat menjadi langkah awal yang krusial untuk memastikan kosmetik aman digunakan serta bermanfaat bagi pelanggan.

Jadi, berkolaborasi dengan jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia menjadi solusi terbaik yang bisa kamu ambil. Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, bukan cuma andal dalam proses manufaktur, Mash Moshem Indonesia juga memiliki tim profesional yang akan membantu kamu mewujudkan brand kosmetik yang sukses. Tentunya, dimulai dari diskusi konsep, menentukan formulasi, hingga penyusunan strategi pemasaran yang tepat.

Langsung saja, hubungi kami dengan klik banner di bawah ini untuk memulainya!



author-avatar

About PT Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011