Gelatin: Ekstrak Kolagen yang Kaya Manfaat Buat Rambut dan Kulit

Kalau ngomongin soal kosmetik, pasti enggak akan ada habisnya. Gimana enggak? Semakin ke sini, makin banyak pula varian produk perawatan wajah yang bisa dicoba untuk mempercantikan kulit kamu.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat berbagai jenis produk kecantikan yang menggunakan banyak bahan-bahan unik untuk menarik perhatian konsumen. Nah, salah satunya adalah penggunaan gelatin ke dalam formula skincare.

Gelatin merupakan produk turunan protein yang diambil dari ekstrak kolagen, yang bisa dibilang merupakan kombinasi unik dari asam amino..

Bahan ini diklaim memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, karenanya banyak produsen kecantikan yang menggunakan gelatin sebagai bahan dasar maupun campuran dalam formula skincare buatan mereka.

Gelatin umumnya digunakan dalam produk body lotion, krim wajah, masker wajah, bahkan sampai produk-produk perawatan rambut.

Nah, kira-kira apa saja manfaat gelatin untuk kecantikan kulit dan rambut? Hingga produk ini sangat digemari dan banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

Langsung cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini, ya!

Manfaat Gelatin untuk Kecantikan Kulit

manfaat gelatin untuk kecantikan kulit

Gelatin merupakan bahan yang diambil  dari jaringan kolagen kulit, ligament, maupun tulang hewan. Klaim manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit pun sangat beragam, dari melembapkan, menghaluskan, bahkan untuk membantu merawat keremajaan kulit.

Untuk tahu lebih jelas mengenai manfaat gelatin untuk kecantikan kulit, kamu bisa baca penjelasan di bawah ini sampai habis, ya!

Membantu Memperhalus Kulit

Salah satu manfaat gelatin untuk kecantikan kulit adalah membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan tekstur wajah kamu.

Bahan ini diketahui dapat bekerja sebagai eksfoliator yang bisa mengangkat sel mati yang bikin kulitmu kasar. Hal inilah yang kemudian membuat wajah jadi terasa lebih halus dan lembut.

Membuat Kulit Jadi Lebih Kencang

Selain membantu kulitmu jadi lebih halus, penggunaan skincare gelatin pun dapat membuat elastisitas kulit jadi lebih terjaga, dan wajah akan tampak lebih kencang.

Efek ini merupakan efek lanjutan dari manfaat melembutkan dari gelatin. Pasalnya, setelah mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah, kulit akan bergenerasi dan memunculkan sel yang lebih sehat ke permukaan.

Nah, lapisan kulit sehat inilah yang akan membuat kulit jadi lebih kenyal dan kencang dibandingkan dengan sebelumnya.

Dapat Mencegah Kemunculan Jerawat

Jerawat bisa muncul dan dialami oleh semua orang, baik yang memiliki kulit berminyak, kering, bahkan normal sekalipun.

Penyebab kemunculan jerawat sangatlah banyak dan bervariasi, namun umumnya masalah ini akan muncul karena penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri pada pori-pori kulit.

Nah, untuk mencegah kemunculannya, kamu bisa menggunakan skincare gelatin dalam bentuk masker ataupun krim wajah.

Gelatin akan membantu meningkatkan perlindungan kulit, mencegah penyumbatan pori-pori kulit, mendorong proses eksfoliasi, bahkan menyingkirkan kotoran dari wajah.

Mengangkat Komedo

Manfaat gelatin untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu mengangkat dan mengatasi komedo. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa rutin menggunakan masker wajah dari gelatin untuk merawat kulit.

Seperti yang kamu tahu, komedo memang jarang menimbulkan sensasi peradangan. Akan tetapi jika tidak dirawat dengan baik, maka akan memicu adanya infeksi dan membuat kondisinya bertambah buruk.

Meningkatkan Produksi Kolagen dalam Jaringan Kulit

Kolagen merupakan jenis protein yang sangat banyak ditemui di jaringan ikat tubuh, termasuk kulit kamu. Nah, protein ini berperan penting dalam menjaga vitalitas dan kecantikan kulit.

Pada dasarnya, kolagen  bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pun akan menurun dan membuat kemunculan tanda penuaan kian terlihat.

Meningkatkan Kelembapan Kulit

Untuk menjaga kesehatan wajah, penting bagimu untuk memperhatikan kadar hidrasi kulit dan mencegahnya dari kondisi yang terlalu kering.

Sebab, kulit yang terlalu kering akan rentan terkena berbagai masalah kecantikan, akibat skin barrier yang tak bisa bekerja maksimal. Misalnya, mudah teriritasi, tampak kusam, bahkan bisa memicu kemunculan tanda penuaan secara premature.

Karena pada dasarnya diambil dari kolagen, gelatin bisa membantu meningkatkan kelembapan kulit dan menguncinya agar tidak mudah hilang.

Untuk itulah, kamu bisa dengan mudah menemukan penggunaan gelatin dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit, khususnya yang membantu mengatasi masalah kulit kering.

Bikin Kulit Wajah Tampak Lebih Glowing

Ketika kamu menjaga kulitmu dengan baik, memberinya nutrisi yang cukup, dan memberikan perlindungan ekstra dari berbagai jenis stressor lingkungan. Maka, hal ini secara otomatis akan berpengaruh pada penampilan kulitmu secara menyeluruh.

Nah, hal yang sama pun akan kamu rasakan ketika menggunakan skincare gelatin sebagai bagian dari perawatan wajah harianmu.

Gelatin tak hanya membantu melembutkkan kulit, kerjanya dalam mendorong eksfoliasi sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, dan menjaga kadar hidrasi kulit akan membuat wajahmu jadi glowing dan cerah alami.

Membantu Menyamarkan Stretch Mark

Tak hanya bisa merawat wajah, manfaat gelatin untuk kecantikan pun bisa kamu gunakan untuk seluruh kulit pada bagian tubuh kamu.

Salah satunya adalah dengan membantu menyamarkan stretch mark, yang biasanya ditemukan pada area lipatan tubuh. Seperti paha, bawah bokong, hingga bawah lengan atau dekat dengan area ketiak.

Untuk menyamarkan stretch mark, gelatin bekerja dengan mendorong produksi kolagen dalam jaringan kulit. Hal inilah yang kemudian akan membantu meminimalisir tekstur jaringan parut pada kulit, yakni dengan melembutkan dan memperhalus permukaannya.

Memperkecil Lubang Pori-pori

Pori-pori kulit yang besar bisa jadi penyebab banyak masalah kecantikan, misalnya membuat wajah jadi lebih berminyak, memicu penumpukan kotoran atau sel kulit mati, hingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat atau komedo.

Kalau kamu punya masalah dengan pori-pori besar, maka enggak ada salahnya untuk mencoba menggunakan skincare gelatin untuk merawat wajah.

Sebab, bahan ini mengandung asam amino yang akan membantu memperkecil ukuran pori-pori kulit, sekaligus mencegah produksi sebum berlebihan.

Manfaat Gelatin untuk Kecantikan Rambut

manfaat gelatin untuk kecantikan rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, gelatin pun sama baiknya untuk merawat kecantikan rambut dan kulit kepala kamu, lho.

Ya, bahan alami ini pun enggak hanya dipakai dalam produk perawatan wajah, melainkan dalam sampo, dan hair care product lain.

Menutrisi dan Menyehatkan Rambut

Tahukah kamu kalau gelatin pun bisa meningkatkan kesehatan rambut dan memberikannya nutrisi yang cukup?

Well, faktanya, menurut Essential Biochemistry, gelatin yang merupakan ekstraksi dari kolagen memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan keratin, lho.

Karenanya, penggunaan hair care berkandungan gelatin untuk merawat rambut akan membantu meningkatkan kesehatan dan menutrisi rambut kamu.

Bahan ini akan membantu memberikan protein pada rambut yang kering dan menjaganya dari berbagai dampak buruk dari paparan radikal bebas.

Menjaga Elastisitas Rambut

Gelatin merupakan kandungan dengan kekuatan penyerapan yang tinggi, sehingga ketika digunakan untuk melapisi rambut, ia akan denagn mudah memasuki serat-serat batang rambut.

Karena pada dasarnya merupakan protein hewani, maka gelatin pun memiliki sifat melembapkan, menyehatkan, dan menutrisi rambut dengan sangat baik.

Perawatan rambut menggunakan gelatin utamanya sangat direkomendasikan untuk orang dengan masalah kerusakan rambut yang cukup parah, seperti terlalu kering, kusut, rontok, dan lain sebagainya.

Manfaat gelatin untuk kecantikan kulit dan rambut memang telah diakui oleh banyak pihak. Sebagai buktinya, enggak sedikit produk skincare dengan merk ternama menggunakan bahan ini ke dalam formula produk mereka.

Apakah pendapatmu soal manfaat gelatin untuk kecantikan? Apakah kamu berminat untuk menggunakan produk dengan bahan ini sebagai bagian dari perawatan kecantikan harian kamu?

Langsung kasih tahu kami soal pikiranmu di kolom komentar, ya, Ladies!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment