Banyak Ditemukan dalam Skincare, Ini Manfaat Spirulina untuk Kecantikan

manfaat spirulina untuk kecantikan

Sebelum membeli suatu produk kosmetik, kamu tentunya mempelajari apa saja kandungan yang digunakan dalam produk tersebut, bukan?

Dengan begitu kamu bisa tahu apakah ada kandungan berbahaya yang perlu dihindari, ataukah ada kandungan yang kamu inginkan dalam skincare tersebut.

Nah, ngomongin soal kandungan skincare, belakangan ekstrak spirulina dalam skincare sedang banyak diminati oleh para beauty enthusiast.

Gimana enggak? Menurut klaimnya, bahan alami ini mengandung sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit. Well, apakah klaim tersebut benar adanya?

Untuk menjawab keraguanmu tersebut, kami merangkung informasi mengenai manfaat spirulina untuk kecantikan dari berbagai sumber terpercaya.

Penasaran, kan? Langsung baca ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Kandungan dalam Spirulina yang Baik Buat Kulit

masker green tea

Apakah kamu tahu, kalau spirulina merupakan salah satu jenis cyanobacteria yang punya banyak kandungan baik untuk kulit?

Dilansir dari Healthline, alga dengan ukuran yang imut ini, diketahui menyimpan berbagai jenis nutrisi yang baik buat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Misalnya, dalam satu sendok makan bubuk spirulina kering, kamu bisa memperoleh berbagai jenis nutrisi seperti berikut ini:

Vitamin B1 (tiamin)

Tahukah kamu kalau dalam spirulina terdapat berbagai jenis vitamin, khususnya vitamin B1 (tiamin) yang ditemukan dengan kadar 11% dari AKG.

Jenis vitamin B ini bisa mengandung sifat antioksidan, yang bisa meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah pada tubuh.

Sirkulasi darah yang lancar akan berpengaruh besar pada kesehatan kulit. Karena, dengan begitu distribusi oksigen dan nutrisi yang ada akan bisa berjalan optimal ke seluruh organ tubuh, termasuk kulit kamu.

Vitamin B2 (riboflavin)

Kandungan lain yang ada dalam spirulina adalah vitamin B2 (riboflavin), yakni dengan kadar 15% dari AKG. Senyawa ini bisa melindungi struktur kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, vitamin B2 pun bisa bekerja sama efektifnya untuk mengurangi gejala peradangan, mempercepat proses penyembuhan luka, dan mencegah kulit jadi kering.

Vitamin B3 (Niacin)

Meski tak memiliki kadar sebesar dua kandungan sebelumnya, dalam spirulina pun masih ditemukan senyawa vitamin B3 (niacin).

Buat kamu yang telah lama mengikuti berbagai tren kecantikan, pasti sudah tidak asing dengan senyawa ini.

Sebab, niacin bisa bekerja dengan baik untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah, melindunginya dari paparan buruk radikal bebas, bahkan meningkatkan kecerahan kulit.

Lebih dari itu, niacin pun bisa membantu melawan penuaan dini dengan bekerja sebagai antiaging alami.

Selain beberapa vitamin di atas, spirulina pun mengandung berbagai jenis mineral. Seperti tembaga, zat besi, magnesium, kalium, juga mangan.

Semua nutrisi ini bisa membantu menyehatkan kulit wajah kamu, memberinya hidrasi yang cukup, pun memaksimalkan pelindung kulit.

Ditambah, spirulina pun memiliki senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga mampu menghalau berbagai dampak buruk radikal bebas, merevitalisasi sel kulit yang bermasalah, juga menjadikan wajah tampak lebih awet muda.

Ragam Manfaat Spirulina untuk Kecantikan Kulit

manfaat spirulina untuk kecantikan (2)

Setelah tahu apa saja yang kamu dapatkan dari bubuk spirulina, apakah kamu berniat akan menggunakan bahan alami ini untuk merawat kecantikan kulit wajahmu?

Well, selain dari kandungan-kandungan di atas, kami pun mencari fakta soal manfaat spirulina untuk kecantikan kulit dari berbagai penelitian. Dilansir dari sebuah studi yang dipublikasikan di MDPI, spirulina diprediksi bakal berperan penting dalam industri kosmetik.

Dalam jurnal tersebut pun diulas dengan lengkap berbagai manfaat spirulina untuk kecantikan kulit, yang kami rangkum sebagai berikut.

Agen Anti Penuaan Alami

Salah satu manfaat spirulina untuk kulit yang paling banyak dibicarakan adalah kemampuannya sebagai antiageing. Berdasarkan penelitian, dikatakan bahwa spirulina mengandung fitonutrien dan karotenoid yang sangat tinggi.

Kedua kandungan ini memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat merawat kesehatan kulit dan mencegah dampak buruk radikal bebas. Oleh karenanya, penggunaan spirulina ke dalam skincare diyakini akan membantu menghambat penuaan dini.

Misalnya, dengan mencegah kemunculan keriput, garis halus, bintik hitam penuaan, dan bisa merawat kekencangan kulit wajah.

Membantu Memberikan Efek Glowing pada Kulit

Tak hanya dapat bekerja aktif sebagai agen anti penuaan, manfaat spirulina untuk kecantikan lainnya adalah memabntu memberikan efek glowing pada kulit. Alias bikin wajahmu jadi lebih cerah bercahaya!

Khasiat spirulina ini didapatkan dari kandungan antioksidan dan vitamin B3 yang dimilikinya. Kedua kandungan ini akan membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit, warna yang tidak merata, dan wajah yang tampak kusam.

Seperti yang diketahui, masalah hiperpigmentasi ini dimulai di dalam melanosit, yang merupakan jenis sel yang terletak di antara keratinosit di lapisan basal epidermis.

Selama proses tersebut, tirosinase memainkan peran penting dalam mengendalikan produksi melanin dan kemudian mewarnai rambut, kulit dan mata kamu.

Nah, di sinilah letak peran spirulina sebagai agen pencerah wajah. Bahan alami ini bisa menangkal radikal bebas, untuk memicu perkembangan melanosit yang dapat membuat kulit tampak kian kusam.

Bisa Mendetoksifikasi Toksin dari Wajah

Penggunaan riasan wajah, polusi udara, juga paparan sinar matahari berlebihan, akan membuat racun menumpuk di epidermis. Ini tentunya akan memberikan dampak yang tidak sehat pada kulit wajah kamu.

Untungnya, penggunaan spirulina sebagai perawatan wajah diketahui dapat mengatasi masalah tersebut. Bahan alami ini akan bekerja untuk mendetoksifikasi toksin atau zat racun dari epidermis kulit.

Mengatasi Jerawat dan Mencegahnya Muncul Kembali

Memiliki masalah dengan kulit yang berjerawat memang cukup meresahkan? Apalagi, kalau tak sengaja terpencet tangan atau sapu tangan yang penuh keringat, bisa saja jerawat kian membabi buta. Well, ini adalah mimpi buruk semua orang!

Nah, menurut penelitian, spirulina memiliki sifat antiinflamasi yang sangat baik untuk membantu merawat kulit berjerawat. Senyawa ini akan mengurangi peradangan dan pembengkakan yang muncul akibat jerawat.

Tak cuma itu, senyawa antibakteri, vitamin, dan mineral yang ada dalam bahan alami ini pun akan membantu mengatasi jerawat. Bahkan, bisa mencegahnya muncul kembali di kulit wajah kamu.

Menjaga Elastisitas Kulit dan Mengatasi Bagian yang Kendur

Semua orang menganggap tanda penuaan tidak akan muncul sebelum usia mencapai lebih dari 30 tahun. Padahal, dalam kondisi tertentu, tak menutup kemungkinan bila di usia awal dan pertengahan 20-an akan mengalami penuaan dini.

Nah, selain mencegah kemunculan tanda penuaan dini pada kulit. Manfaat spirulina untuk kecantikan kulit pun bisa membantu meningkatkan vitalitas struktur kulit secara keseluruhan, termasuk membuatnya jadi lebih kencang.

Ini tentunya akan sangat membantu bila kamu bermasalah dengan kulit wajah yang tampak kendur, ataupun terasa kusut.

Kandungan asam amino dan antioksidan dalam spirulina, dikenal sangat baik dalam mendukung produksi kolagen pada kulit. Kolagen ini merupakan salah satu jenis protein yang dapat menjaga kekenyalan kulit wajah kamu.

Meningkatkan Kelembapan Kulit Wajah

Sipurlina memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengubah dan meningkatkan struktur kulit, serta bertindak sebagai booster hidrasi dengan efek poitif pada skin barrier.

Lebih lanjut, hal ini akan membantu melawan kemunculan tanda penuaan, dan bekerja untuk mengontrol minyak berlebih.

Ini dikarenakan asam lemak dalam spirulina, dapat menghambat metabolisme isoenzim dan memperbaiki penampilan kulit berminyak.

Sementara itu kandungan polisakarida yang terkandung dalam ekstrak alga ini, sebaliknya, merangsang proses pembelahan sel dan berkontribusi pada proses keratinisasi atau memperbaharui stratum korneum.

Vitamin, mineral, dan protein yang terkandung dalam ganggang dapat berkontribusi lebih lanjut dalam meningkatkan microrelief dan hidrasi kulit.

Oleh karena itu, ekstrak Spirulina sangat penting untuk meningkatkan karakter hidrolipidik, meregenerasi jaringan kulit sehingga daapat melindungi sel-sel yang ada dan melembabkan kulit.

Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Tak hanya mempercantik, penggunaan spirulina dalam formula skincare pun bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Kondisi lingkungan, kecelakaan tetapi juga masalah kulit, seperti kekeringan dan dermatitis, mungkin menjadi beberapa faktor pemicu terjadinya luka.

Penyembuhan luka, sebaliknya, merupakan proses kompleks yang melibatkan sistem inflamasi, sintesis protein struktural, migrasi dan proliferasi sel parenkim dan jaringan ikat.

Pemulihan penuh adalah kompleks dan, terkadang, penyakit kronis atau infeksi bakteri dapat merusak proses penyembuhan lebih lanjut.

Spirulina diselidiki untuk efektivitasnya dalam penyembuhan luka, karena flavonoid dan triterpenoid, yang bertindak sebagai zat dan agen antimikroba.

Efek penyembuhan luka Spirulina dari ekstrak kering, diperoleh dalam petroleum eter, kloroform dan metanol diuji pada tikus dan dipantau selama 16 hari.

Secara khusus, kontraksi luka—sebagai persentase pengurangan luas luka—dan waktu penutupannya dikendalikan. Peningkatan signifikan dalam aktivitas penyembuhan luka terlihat dengan tiga ekstrak yang disebutkan di atas.

Melihat banyaknya manfaat spirulina untuk kecantikan di atas,tidak mengherankan kalau bahan alami ini begitu digemari dan kerap digunakan dalam formula produk perawatan kecantikan.

Mash Moshem Indonesia, bisa membantum merangkai produk kosmetik dengan bahan-bahan alami yang kamu inginkan. Baik dari produk perawatan wajah, perawatan kecantikan kulit tubuh, rambut, bahkan berbagai jenis produk makeup.

Yang kamu perlu lakukan hanyalah menghubungi tim kami dan mendiskusikan produkmu bersama-sama. Gampang, bukan?

About Author

Related posts

Leave a Comment