Peluang Bisnis Kosmetik Korea, Dijamin Cuan! 

peluang bisnis kosmetik Korea

Seberapa besar peluang bisnis kosmetik Korea saat ini? 

Kalangan gen Z dan milenial pasti sudah nggak asing lagi mendengar istilah Drama Korea dan genre musik K-pop? Tingginya minat orang  Indonesia terhadap budaya “Korean Wave” ternyata ikut mempopulerkan tren kecantikan asal negeri ginseng  ini. 

Nggak heran kalau produk skincare dan kosmetik asal Korea saat ini menjadi kiblat tren kecantikan di tanah air. Makanya, produk-produk kosmetik impor asal Korea Selatan juga sedang laris manis di pasaran. 

Mempertimbangkan peluang bisnis kosmetik ala Korea yang sangat besar, sayang bila kamu melewatkan kesempatan emas ini begitu saja. Makanya, buruan bikin produk kosmetik ala Korea dengan brand sendiri! 

Kalau kamu mau tahu lebih lanjut seputar  peluang dan tips memulai bisnis kosmetik Korea, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini! 

Alasan Kosmetik Korea Laku di Indonesia

Sejauh ini, produk-produk kosmetik yang menjual lebal ala Korea masih laris manis di pasaran. Bahkan, menurut Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia, peluang bisnis kosmetik Korea masih cukup menjanjikan. 

Tapi, apa sih yang bikin produk-produk kosmetik ala Korea ini cukup banyak peminatnya di tanah air? Melansiir dari situs web Kompas, faktor-faktor berikut ini bisa menjadi alasan produk kosmetik Korea laku di pasar Indonesia. Apa saja? 

Harga Terjangkau, Tapi Berkualitas  

Range harga masih menajdi petimbangan utama buat para konsumen saat membeli produk-produk skincare. Umumnya, harga skincare yang murah dan terjangkau paling banyak diburu oleh orang-orang Indonesia. Apa kamu termasuk salah satunya? 

Selain murah, beberapa produk kosmetik yang ada di pasaran juga punya kualitas yang nggak main-main. Biasanya, produk-produk komsetik yang terinspirasi dari para idol K-pop cukup banyak peminatnya. 

Meskipun penawaran harganya cukup masuk akal, produk kosmetik ala K-Beauty masih bisa mempertahankan standar kualitasnya agar konsumen merasa puas. Selain itu, tren kosmetik ala Korea ini juga selalu berinovasi memberikan formulasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Efek Popularitas Idol-idol K-pop

Budaya “Korean Wave” di Indonesia pertama kali dimulai karena popularitas Drama Korea dan musik K-pop. Selain mengutamakan aspek seni, artis-artis Korea juga selalu mengutamakan penampilan fisik mereka. 

Nggak heran kalau para aktor dan penyanyi Korea identik punya kulit yang putih, bersih, dan mulus. Karena terinspirasi oleh penampilan para artis dan idol K-pop, orang-orang akhirnya mulai penasaran dengan rangkaian perawatan kulit dan gaya makeup mereka. 

Hal inilah yang memunculkan tren pemakaian produk-produk K-Beauty di Indonesia. Namun, di sisi lain tren ini justru menumbuhkan kesadaran banyak orang untuk mulai merawat diri agar  kulit tampak lebih mulus, cerah, dan bersih seperti para idol K-pop. 

Gaya riasan ala Korea juga cenderung simpel dan natural, sehingga memunculkan peluang bisnis kosmetik Korea di tengah arus kosmetik bergaya Barat.  Rata-rata kosmetik ala Korea ini juga akan memunculkan kesan flawless dan terkesan nggak memakai makeup. 

Formulasinya Ramah di Kulit 

Selanjutnya, kunci utama popularitas produk-produk kosmetik ala K-Beauty adalah dari segi dermatologisnya. Artinya, hampir semua produk kosmetik asal negeri ginseng ramah di kulit dan nggak menimbulkan alergi maupun iritasi. 

Secara khusus, produk-produk kosmetik ala Korea ini memang dirancang sesuai dengan kebutuhan kulit Asia. Alhasil, kulit kamu pun bakal terasa lebih nyaman, aman, dan sehat setelah memakai produk-produk kosmetiknya. 

Ada satu fakta menarik tentang produk-produk kosmetik ala Korea, yaitu dari segi efektivitasnya yang mengklaim mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Saat muncul jerawat di kulit wajah, kosmetik K-Beauty bisa menyamarkan jerawat tanpa harus pergi ke klinik kecantikan. 

5 Daftar Item Kosmetik Korea Terlaris untuk Ide Bisnis 

ide dan peluang bisnis kosmetik Korea

Melihat industri K-pop yang terus berkembang, tentu peluang bisnis kosmetik Korea juga ikut meningkat. Tanpa kamu sadari, kiblat tren kecantikan di tanah air kini sudah mengarah ke Korea Selatan. 

Bahkan, beberapa produk kosmetik populer asal Korea juga ikut populer di Indonesia. Nah, berdasarkan data tersebut, ada beberapa rekomendasi daftar item kosmetik ala Korea yang laris dan bisa kamu jadikan sebagai ide bisnis.  

Apa saja item produknya? Berikut adalah daftarnya! 

Gradient Lips 

Belakangan, tren lipstik ombre sempat populer dalam jangka waktu yang cukup lama. Itu sebabnya, tren bibir bergradasi alias lipstick ombre bisa memberikan ilusi bibir menjadi lebih kecil. 

Kalau kamu mau bikin produk lipstik dengan brand sendiri, lipstik ombre bisa menandai salah satu ide bisnis yang menarik. Sebab, prediksi tren lipstik ombre masih menjadi booming di tahun ini. 

Peluang Bisnis Kosmetik Korea: Cushion 

Para penggemar Drama-drama Korea Pasti sudah familiar dengan tren yang satu ini? Masih basah dalam ingatan ketika produk-produk CC cream dan BB cream asal Korea Selatan menjadi perbincangan berbagai kalangan? 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, industri kosmetik Korea Selatan nggak habis-habisnya mengeluarkan inovasi produk baru yang menarik perhatian. Salah satu inovasi terbarunya adalah cushion.

Sebagai informasi, cushion merupakan produk kosmetik hasil modifikasi dari CC cream dan BB cream. Umumya, produk kecantikan ini punya formulasi dan tekstur krim yang ringan, sehingga lebih gampang menyerap dan menyatu dengan kulit wajah.

Salah satu kelebihan lain dari makeup ini adalah dari segi fleksibilitas dan tingkat kepraktisannya. Bahkan, memakai produk cushion juga dinilai lebih praktis dan gampang dibawa kemana-mana. 

Baca juga “Ide Bisnis Skincare Pria & Peluang Bisnisnya, Mau Coba?

Facial Mist

Dalam rangkaian produk kosmetik ala Korea, facial mist mungkin sering dianggap nggak terlalu penting buat ornag-orang Indonesia. Sementara itu, di Korea Selatan dan negara-negara dengan iklim dingin dan kering, facial mist sering dipilih sebagai opsi utama buat menjaga kelembaban wajah. 

Saat memakai facial mist, kandungan yang terdapat di dalamnya akan memberikan sensasi segar di kulit wajah. Partikel-partikel bahan aktif yang disemprotkan ke wajah akan memberikan sensasi unik yang menyegarkan. Dengan begitu, kulit wajah akan terhidrasi secara sempurna. 

Peluang Bisnis Kosmetik Korea: Colorful Makeup

Coba kamu perhatikan, mayoritas wanita di Korea Selatan cenderung memakai warna-warna palet  yang netral setiap kali merias mata. Namun, sejalan dengan perubahan tren dan inovasi yang terus berubah, para  beauty enthusiast di Korea Selatan juga semakin tertarik pada warna-warna cerah dan mencolok. 

Kombinasi  warna seperti burgundy dan oranye sering dipakai untuk riasan mata. Mungkin alasan itulah yang membuat para produsen kosmetik merilis produk eyeshadow dengan warna-warna mencolok dan nyentrik. 

Character Sheet Mask 

Tahukah kamu, produk-produk sheet mask ala Korea sering memakai gambar-gambar karakter unik untuk menarik minat konsumen. Terlepas dari itu, character sheet mask sangat  bagus untuk mencerahkan, mengecilkan pori-pori, mengurangi sebum/minyak kulit, dan meningkatkan kelembaban kulit. 

Tips Memulai Peluang Bisnis Kosmetik Korea 

tips memulai peluang bisnis kosmetik Korea

Melihat tingginya minat terhadap kosmetik ala Korea, sayang bila kamu nggak memanfaatkan momen ini untuk membangun brand kosmetik sendiri. Sebelum mulai membangun bisnis kosmetik milik sendiri, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. 

Sebagai panduan, yuk ikuti langkah-langkah memulai bisnis kosmetik ala Korea berikut ini! Check it out! 

Riset Tren Produk Kosmetik 

Peluang bisnis kosmetik Korea memang terlihat menjanjikan. Nah, kalau kamu nggak bisa menemukan produk apa yang sedang dibutuhkan pasar saat ini, kemungkinan besar bisnismu akan mengalami penurunan penjualan. 

Langkah awal yang bisa kamu lakukan saat mendirikan bisnis kosmetik baru adalah melakukan riset produk. Sebaiknya, mulailah dengan mereset data-data pesaing dan mengamati kondisi serta potensi pasar. 

Dengan melakukan riset produk secara detail dan teliti, produk kosmetik buatanmu bakal jauh lebih berkembang dan banyak peminatnya. Tentu saja, hal ini bisa membantu kamu dalam merumuskan model bisnis dan strategi marketing yang tepat. 

Siapkan Modal Bisnis Kosmetik 

Setelah melakukan riset, lanjutkan dengan menyiapkan modal bisnis alias budget. untuk mengetahui jenis bisnis kosmetik yang ingin Anda dirikan, langkah berikutnya adalah menyiapkan modal bisnis. Kalau kamu berminat membangun bisnis, coba siapkan modal yang cukup. 

Jangan tergesa-gesa saat menyiapkan modal, karena modal merupakan pondasi utama dalam berbisnis. Nantinya, modal tersebut akan dialihkan untuk proses pengembangan produk, pengadaan bahan baku, pengelolaan bisnis, dan lain sebagainya. 

Pilih Jenis Produk yang Dijual 

Sudah tentukan jenis produk seperti apa yang mau kamu jual? Kalau belum tahu, kamu bisa terinspirasi dari berbagai tren item yang sempat dijelaskan sebelumnya. 

Nggak mungkin ‘kan kamu mengadopsi semua ide item kosmetik tersebut saat bikin brand kosmetik sendiri? Makanya, pilihlah konsep produk yang tepat sasaran dengan cara melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan konsep produknya. 

Baca juga “Peluang Bisnis Sabun Kopi & Tips Memulainya, Wajib Tahu!

Promosikan Produk 

Untuk memaksimalkan peluang bisnis kosmetik Korea yang kamu rintis, libatkan pula strategi promosi efektif untuk mengembangkan bisnis kamu. Salah satu saluran pemasaran yang sangat efektif adalah media sosial. 

Buruan bikin akun instagram, facebook, atau twitter guna memperluas jangkauan bisnis kosmetik ke pasar yang lebih besar. Dengan memanfaatkan media sosial, kamu nggak cuma bisa melakukan promosi, tetapi juga bisa meningkatkan brand awareness dari produk kosmetik kamu.

Yuk, Manfaatkan Peluang Bisnis Kosmetik Korea dengan Bikin Brand Sendiri! 

Sekilas, peluang bisnis kosmetik Korea memang terlihat menjanjikan. Makanya, kamu  harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun brand kosmetik Korea sendiri. 

Dalam prosesnya, kamu bisa menjalin kerjasama dengan tempat maklon kosmetik terpercaya seperti Mash Moshem Indonesia. Kami akan membantu meracik formulasi bahan yang tepat buat produk kosmetik kamu. Bahkan, kami juga menyediakan sampel produk gratis, loh. 

Selain itu, kami juga akan membantu membuatkan desain produk kosmetik yang eye catching dan sesuai dengan target market kamu. Untuk strategi  pemasaran, kami juga akan memberikan bantuan media promosi berupa video, foto produk, dan FAQ. 

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan kamu untuk bikin brand kosmetik Korea sekarang juga! Yuk, konsultasikan ide bisnismu bareng kami melalui tombol hijau di bawah ini! 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading