Insight Kosmetik

Strategi Promosi Marketplace 2024, Ada Apa Saja?

strategi promosi marketplace 2024

Bisnis kosmetik kamu masih stuck disitu-situ terus, tapi kamu nggak tahu apa yang mesti dilakukan? Sebenarnya, ada berbagai macam strategi promosi marketplace 2024 yang bisa kamu coba untuk mendongkrak bisnis online kamu yang mandek. 

Tingkat kompetisi di ranah toko online yang semakin ketat  terkadang bisa bikin bisnismu  nggak berkembang karena kalah saing. Menurut data yang dilansir pada bulan Juni 2022, ada sekitar 11 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang telah memasuki dunia bisnis online. 

Nah, supaya bisnismu nggak kalah saing dari kompetitor, pastikan bahwa strategi promosi yang kamu lakukan sudah ampuh. Susunlah strategi pemasaran yang efektif agar kamu tetap bisa bertahan dalam persaingan bisnis online yang semakin ketat. 

Mau tahu rahasia jitu strategi promosi yang efektif di marketplace? Yuk, dongkrak bisnis kamu dengan menerapkan beberapa cara berikut ini! 

Mengenal Strategi Promosi Marketplace 

Sudah tahu apa itu strategi promosi di marketplace? Strategi promosi marketplace merupakan salah satu teknik pemasaran yang dirancang dengan tujuan meningkatkan dan kesadaran masyarakat terhadap produk atau layanan yang kamu pasarkan secara online. 

Tujuan utama dari strategi ini adalah untuk mengajak target pasar memilih produk atau layanan yang kamu tawarkan. Alhasil, melalui strategi tersebut kamu meningkatkan nilai penjualan. 

Secara umum, strategi ini mencakup berbagai teknik marketing, mulai dari pemasangan iklan konvensional, hingga memasarkan secara online melalui kanal media sosial atau campaign. 

Dari segi konsep, strategi promosi marketplace 2024 masih menggunakan empat elemen seperti Price, Product, Place, dan Promotion (4P). Keempatnya merupakan komponen inti dalam pemasaran yang nantinya bisa menjadi indikator kesuksesan bisnis kosmetik kamu. 

7 Strategi Promosi Marketplace 2024 yang Jitu 

Seperti yang kamu tahu, membangun bisnis online memang nggak gampang, apalagi kalau kamu menyasar industri kecantikan. Ada banyak pelaku bisnis yang bermain di industri ini. 

Kalau kamu nggak memakai strategi yang tepat, hasilnya akan berdampak ke bisnis kamu. Sebagai salah satu langkah preventif, kamu bisa memakai strategi promosi marketplace berikut ini. Yuk, simak sama-sama! 

Strategi Promosi Marketplace 2024: Bundling Produk 

Pendekatan ini merupakan salah satu langkah yang umum dan berpotensi besar untuk menarik perhatian konsumen. Dengan teknik  ini, konsumen bisa memilih opsi untuk membeli dua barang secara bersamaan dalam satu paket. 

Nggak jarang, harga belinya bisa jauh lebih rendah ketimbang membeli barang secara terpisah. Nah, kamu bisa aplikasikan strategi ini untuk memasarkan produk-produk kosmetik kamu. 

Ketika memilih produk untuk dipaketkan, pastikan bahwa mereka memiliki perbedaan harga, sehingga kombinasi satu produk lebih terjangkau daripada harga produk lain dalam satu paket. 

Cara ini juga bisa sangat direkomendasikan buat kamu yang mau menghabiskan stok produk secara efektif. Dengan begitu, sisa stok produk yang nggak laku bisa dialihkan menjadi bentuk penghargaan ke konsumen yang loyal. 

Baca juga “Guerilla Marketing dalam Bisnis Skinacre, Strategi & Manfaatnya

Produk Limited Edition 

Teknik ini biasanya akan mengambil keuntungan dari sejumlah calon konsumen dengan karakteristik FOMO (Fear Of Missing Out). Apalagi kalau produk kosmetik yang kamu jual punya nilai istimewa di mata pelanggan. 

Sederhananya, kamu akan menawarkan sebuah produk unggul yang diproduksi dalam jumlah terbatas, sehingga cuma ada beberapa orang saja yang berhasil mendapatkannya. 

Overall, strategi ini terbukti cukup berhasil, apalagi kalau brand kosmetik kamu sudah punya reputasi baik. Karena itu, strategi semacam ini banyak dipakai oleh brand-brand mewah dan terkenal setiap kali mau merilis produk-produk terbaru mereka. 

Walaupun brand kosmetik kamu belum sepopuler brand-brand kosmetik besar lainnya, tapi strategi promosi marketplace 2024 dengan teknik menjual produk limited edition bisa kamu coba kok. Siapa  tahu melalui strategi ini kamu bisa mendapatkan angka penjualan yang tinggi. 

Strategi Promosi Marketplace 2024: Berikan Diskon 

strategi promosi marketplace 2024 kasih diskon

Ada yang nggak suka sama diskon atau potongan harga? Sepertinya, hampir semua orang suka memburu diskon. Apakah kamu juga? 

Walaupun margin yang kamu dapatkan kecil, tetapi strategi potongan diskon ini cukup efektif untuk mendapatkan calon konsumen baru. Strategi diskon ini juga bisa dianggap sebagai metode paling efisien untuk menarik minat konsumen. 

Walaupun begitu, teknik semacam ini nggak bisa dipakai secara acak karena bakal berdampak pada hasil penjualan bisnis kosmetik kamu di masa mendatang. Makanya, perlu kebijaksanaan dalam menerapkan strategi diskon supaya tetap dapat untung. 

Terapkan Pricing Strategy 

Apa itu pricing strategy? Secara umum, strategi promosi marketplace 2024 ini erat kaitannya dengan aspek psikologis konsumen terhadap harga produk yang dijual. Menurut sebuah penelitian, memberi harga dengan nominal yang nggak bulat bisa mempengaruhi persepsi psikologis calon  konsumen. 

Misalnya, kamu menjual produk kosmetik kamu dengan harga Rp999.000. Dengan menambahkan angka 9 di akhir harga jual, ternyata bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produk kosmetik kamu. 

Secara psikologis, konsumen cenderung memandang harga jual produk kosmetik kamu lebih terjangkau karena harganya berkisar di angka ratusan ribu, bukan satu juta. Padahal, kalau nominal harga jual  tersebut dibulatkan, nominalnya mencapai satu juta rupiah. 

Pakai Teknik Copywriting Persuasif 

Penawaran berupa potongan harga memang mengundang perhatian, tetapi angka-angka tersebut hanya memiliki makna yang kuat ketika kamu menyisipkan kata-kata persuasif untuk menjankau konsumen. Seni merangkai kata, yang dikenal sebagai copywriting, menjadi unsur krusial dalam strategi promosi.

Melalui copywriting, informasi terperinci tentang produk dapat disajikan, memberikan gambaran menyeluruh kepada konsumen mengenai kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan mereka. nggak hanya itu, copywriting juga mampu dirancang sedemikian rupa untuk merangsang minat konsumen agar segera melakukan pembelian. Contohnya, terdapat strategi provokatif seperti slogan “Senin, harga naik,” yang merupakan salah satu bentuk copywriting yang dapat menarik perhatian secara efektif.

Baca juga “Strategi Emotional Marketing: Definisi, Kegunaan, dan Tip Menerapkannya

Manfaatkan Teknologi AI

Kalau kamu mengikuti perkembangan tren yang terjadi di tahun 2024, kamu pasti sudah nggak asing dengan strategi yang satu ini.  Di tengah perkembangan teknologi yang kian masif, kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu strategi promosi yang tepat. 

Nah, salah satu teknologi yang sedang booming dan trending adalah kecerdasan buatan (AI). Kehadiran AI tentu punya potensi besar dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis agar mencapai hasil optimal. 

Sebagai BeautyPreneur, kamu juga perlu segera menyesuaikan diri dengan memanfaatkan teknologi untuk mendongkrak kinerja bisnis kosmetik kamu ke depannya.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan,kamu bisa meningkatkan efektivitas strategi pemasaran, sehingga secara otomatis bisa mengoptimalkan kinerja bisnis kosmetik kamu di marketplace. 

Gencarkan Kampanye di Media Sosial 

Langkah berikutnya yang  perlu kamu lakukan dalam strategi penjualan marketplace adalah secara aktif mempromosikan produk melalui media sosial. Awali dengan menciptakan konten visual menarik yang mencerminkan semangat liburan, sertai dengan penulisan teks persuasif. 

Buatlah rangkaian video teaser mengenai penawaran spesial dan diskon yang akan segera diluncurkan. Kamu juga boleh berkolaborasi dengan influencer atau konten kreator untuk membantu menyebarkan kampanye bisnis kamu di medsos. 

Pakai juga hashtag yang relevan supaya target audiens lebih gampang menemukan kampanye kamu. Jangan lupa juga untuk selalu berinteraksi dengan pengikut kamu di medsos, baik itu melalui kolom komentar atau melalui fitur live streaming. 

Membuat kampanye di media sosial masih menjadi salah satu strategi promosi marketplace 2024 yang ampuh. Selain mendongkrak penjualan, kamu juga bisa membangun hubungan yang kuat dengan para konsumen, sehingga bisa menciptakan konsumen yang loyal. 

Pentingnya Strategi Promosi di Marketplace 

Bisnis nggak cuma berkonsentrasi pada meningkatkan nilai penjualan, tetapi juga menciptakan kesadaran konsumen terhadap brand bisnis kosmetik kamu. Artinya, membangun reputasi merek yang positif, dan mempertahankan hubungan yang positif dengan pelanggan juga harus kamu  perhatikan. 

Lalu, apa tujuan yang ingin kamu capai melalui strategi promosi semacam ini? Yuk, cek ulasannya di bawah ini! 

Membangun Reputasi yang Baik 

Strategi promosi marketplace 2024 mampu memperkuat persepsi positif konsumen terhadap suatu brand atau produk. Melakukan strategi promosi yang tepat bisa menciptakan ikatan emosional antara konsumen dengan produk kosmetik yang kamu jual. 

Nah, proses membangun reputasi positif ini nggak cuma bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan, tetapi juga bisa meningkatkan posisi kamu di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif. 

Menciptakan Loyalitas Konsumen 

Siapa sih BeautyPreneur yang nggak mau dapat pelanggan loyal? Sepertinya, hampir semua BeautyPreneur mau mendapatkan banyak konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan setia. 

Salah satu tujuan jangka panjang dari strategi promosi adalah menciptakan loyalitas pelanggan. Dengan memberikan pengalaman positif seperti promo diskon berkali-kali atau konten eksklusif, kamu bisa mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap brand kosmetik kamu. 

Meningkatkan Brand Awareness

Mustahil meraih tingkat penjualan yang tinggi tanpa meningkatkan  brand awareness konsumen. Untuk membangun pemahaman yang kuat terhadap brand atau produk, kamu bisa mengupayakan pendekatan kreatif dengan memasang iklan secara online. 

Dengan begitu, kamu bisa menarik perhatian banyak orang melalui kampanye pemasaran yang inovatif. Bukan hal mustahil kalau bisnis kosmetik kamu menjadi familiar di khalayak luas. 

Tingginya tingkat kesadaran orang terhadap brand kosmetik kamu juga bisa membuka peluang yang lebih besar untuk menarik perhatian calon pelanggan. Seiring waktu, kamu bisa menghasilkan angka penjualan yang tinggi. 

Jadi, sudah siap menerapkan strategi promosi marketplace 2024? Kalau butuh bantuan, kamu bisa hubungi tim Mash Moshem Indonesia agar dibantu mulai dari proses produksi hingga proses promosi sampai selesai. 

Yuk, klik tombol hijau di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011