Insight Bisnis

Apa Itu Guerilla Marketing? Ini Manfaat, Jenis, & Contoh Penerapannya

apa itu guerilla marketing

Ketatnya persaingan industri kosmetik, tentu membuat kamu harus putar otak supaya produknya bisa dikenali oleh konsumen. Tapi, kamu juga tidak ingin mengeluarkan biaya besar dalam mempromosikannya untuk menghemat anggaran bisnis. Lalu, bagaimana cara promosi yang unik, hemat biaya, tapi tetap teringat di benak konsumen? Di sinilah strategi guerilla marketing jawabannya.

Tapi, sebenarnya apa itu guerilla marketing? Simpelnya, guerilla marketing adalah teknik pemasaran yang mengandalkan kreativitas, kejutan, dan pendekatan yang tidak biasa untuk menarik perhatian target pasar. Biasanya, strategi ini dilakukan dengan budget minim tapi berdampak maksimal. Cocok banget untuk brand kosmetik yang sedang membangun awareness tanpa harus jor-joran biaya iklan.

Bahkan, strategi ini juga bukan cuma bikin produk kamu dikenal, tapi bisa membangun emosional dengan audiens secara lebih personal. Jadi, simak apa itu guerilla marketing, manfaat, jenis, hingga contoh penerapannya pada artikel ini!

Apa Itu Guerilla Marketing?

Guerilla marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang teknik promosinya dilakukan dengan cara berinteraksi dengan audiens melalui kejutan dan cara-cara non-kontroversial. Pada praktiknya, guerilla marketing menggunakan surprise yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens dengan lebih baik.

Nah, untuk menjalankan strategi ini kamu memerlukan kreativitas yang luar biasa dalam setiap promosi yang akan kamu lakukan. Tentunya strategi ini cukup menantang, namun tidak jarang hasil dari guerilla marketing membuat audiens lebih terhibur saat melihat iklan yang kamu tampilkan.

Saat ini, banyak sekali pebisnis yang telah menggunakan strategi guerilla marketing ini. Alasannya tenu karena guerilla marketing lebih efektif untuk dilakukan dengan anggaran yang cukup rendah. Selain itu, strategi ini juga menargetkan kampanye pada pelanggan lama, daripada pelanggan baru.

Dengan hal itu, guerilla marketing akan meningkatkan ikatan pelanggan pada produk atau brand yang kamu miliki. Kemudian, apa saja manfaat yang kamu dapatkan dari strategi guerilla marketing ini?



Manfaat Strategi Guerilla Marketing

Strategi pemasaran dari guerilla marketing memiliki banyak sekali manfaat untuk perusahaan atau bisnis yang sedang kamu jalankan. Kemudian apa saja manfaat yang bisa didapat dari guerilla marketing ini. Manfaatnya bisa kamu ketahui pada penjelasan berikut ini:

  1. Produk yang kamu jual bisa viral dalam waktu yang relatif singkat. Bisa dari konten yang kamu sediakan di media sosial atau dari mulut ke mulut.
  2. Iklan yang kamu buat memberikan kesan yang baik, sehingga iklan tersebut bisa mudah diingat oleh audiens dan masyarakat luas.
  3. Perusahaan bisa dengan mudah melakukan evaluasi dari respon yang diberikan audiens yang telah melihat iklanmu.
  4. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, karena strategi guerilla marketing bisa dilakukan dengan biaya yang minim.
  5. Bisa membantu meningkatkan loyalitas dari konsumenmu yang telah ada.

Penerapan Guerilla Marketing untuk Bisnis

Sekarang, kamu sudah semakin paham tentang apa itu guerilla marketing, kan? Nah, saatnya kamu mempelajari bagaimana cara menerapkan strategi dari guerilla marketing. Kamu bisa mempelajari kiat-kiat untuk menerapkan strategi marketing ini dalam bisnis kosmetikmu, yaitu dengan cara sebagai berikut:

Kenali Audiens

Langkah pertama dalam penerapan guerilla marketing untuk bisnis adalah dengan mengenali siapa audiensmu. Dengan mengenal audiens, kamu bisa mengetahui konten seperti apa yang tepat untuk menggaet mereka. Ataupun cara terbaik apa untuk menarik perhatian audiens.

Dengan ini kamu bisa dengan mudah membuat dan menentukan konten yang akan kamu iklankan.Kamu bisa melakukan riset-riset atau survei tertentu untuk mengenali audiensmu.

Sesuaikan dengan Bisnis

Penerapan strategi guerilla marketing untuk bisnis kosmetik yang kedua adalah dengan melakukan kampanye yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki. Strategi marketing tersebut harus disesuaikan dengan bisnis, sumber daya, kebutuhan, dan ide kampanye yang kamu punya.

Jika kamu masih pemula dalam melakukan bisnis, kamu bisa menentukan anggaran yang memang tidak terlalu besar, Namun, jangan lupakan jika iklan tersebut harus menarik bagi setiap audiens yang melihatnya.

Menentukan Anggaran

Dalam melakukan penerapan guerilla marketing kamu cenderung mengeluarkan budget yang murah, Asal, kamu bisa menggunakan strategi ini dengan tepat. Selain bisa menghemat pengeluaranmu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Jadi, jika kamu memiliki budget yang terbatas untuk melakukan promosi produk kosmetikmu, namun kamu mengharapkan hasil yang luar biasa. Maka kamu bisa menggunakan strategi pemasaran ini dalam melakukan promosi.

Menciptakan Ide yang Kreatif

Informasi tentang, apa itu guerilla marketing adalah membantu membuat ide yang kreatif yang mampu menarik perhatian audiens. Kamu harus memberikan promosi dengan efek surprise atau kejutan pada mereka yang melihatnya.

Oleh karenanya, kamu harus menghadirkan ide-ide yang segar dan cemerlang yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan manapun. Karena jika kamu melakukan kampanye yang sama dengan iklan yang sebelumnya sudah ada, maka guerilla marketing ini tidak akan efektif lagi.

Kamu harus dengan matang merencanakan promosi ini sebelum mengeksekusinya. Jangan lupa untuk menyusun apa saja tindakan promosi yang akan kamu lakukan. Hal ini dilakukan untuk memberikan daya tarik pada audiens, agar mereka bisa melakukan konversi.

Baca Juga: Apa Itu Marketing Attribution? Ini Definisi & Pentingnya Bagi Bisnis

Menyiapkan Call to Action pada Promosi

Strategi guerilla marketing pemasaran pada bisnis harus memiliki call to action. Kamu bisa menggunakan cara yang beragam, seperti melakukan give away, ataupun diskon dari promosi produk kosmetik yang kamu tawarkan.

Kamu juga bisa memberikan link dengan form berisikan informasi yang audiens bisa isi. Dengan adanya formulir ini, kamu bisa melakukan follow up dalam meningkatkan penjualan produk. Contoh kampanye guerilla marketing yang bisa kamu lihat adalah dengan melakukan QR code yang dilakukan oleh boneka-boneka.

Siapapun yang ikut berpartisipasi akan diberikan imbalan hadiah yang menarik. Pada akhirnya kampanye ini akan lebih efektif untuk mengajak calon konsumen bergabung dengan program promosi yang kamu lakukan.

Berfokus pada Kelompok Kecil

Penerapan apa itu guerilla marketing selanjutnya adalah dengan cara menargetkan kelompok kecil. Karena dengan menargetkan kelompok yang lebih kecil, menjadikan strategi ini lebih efektif. Amu bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka.

Terlebih kelompok kecil akan memudahkan kamu membangun ikatan yang lebih kuat. Jadi, kamu bisa menargetkan kelompok kecil ini saat melakukan promosi strategi pemasaran guerilla.

Memberikan Pesan yang Jelas dan Singkat

Penerapan strategi ini yang terakhir adalah dengan meletakkan pesan yang jelas dan singkat pada audiens. Kamu harus menggunakan cara komunikasi yang pas agar audiens bisa lebih mudah diajak untuk take action.

Contohnya adalah promosi yang mengunggah kepedulian terhadap kulit cantik menggunakan bahan-bahan alami. Cukup dengan “Sentuhan Alam, Kecantikan Alami” dan hadirnya gambar yang menarik, pesan yang kamu sampaikan bisa langsung sampai pada audiens.



Jenis-Jenis Guerilla Marketing

Dalam strategi guerilla marketing yang akan kamu lakukan, terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan targetnya. Jenis-jenis dari guerilla marketing ini sebagai berikut:

Ambient Marketing

Jenis guerilla marketing yang pertama adalah ambient marketing, yaitu marketing yang ditempatkan pada lingkungan sekitar yang dekat dengan audiens. Promosi ini bisa dilakukan di stasiun kereta api, mall, kampus, taman, tempat wisata, dan lainnya.

Pada ambient marketing, promosi ini memanfaatkan space yang terbuka untuk menarik perhatian banyak orang yang lewat. Biasanya marketing ini menggunakan media berupa grafiti di tembok, bangunan, stiker di tiang listrik, ataupun ilustrasi yang ada di tempat-tempat umum.

Ambush Marketing

Jenis guerilla marketing yang kedua adalah ambush marketing. Jenis marketing ini dilakukan dengan cara masuk pada suatu event yang dihadiri oleh banyak audiens. Dengan begitu, kampanye promosi ini bisa secara langsung mengambil perhatian dari audiens yang datang dan lebih mudah menyampaikan pesan promosi produk.

Biasanya marketing jenis ini dilakukan pada acara konser musik, ataupun acara pertandingan olahraga. Seperti pertandingan volly, sepak bola, basket, dan lainnya. Dengan menggunakan jenis pemasaran satu ini, menjadikan audiens mau tidak mau akan memperhatikan promosi dari produk tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Native Advertising? Ini Definisi, Cara Kerja, & Jenis-jenisnya

Stealth Marketing

Jenis selanjutnya adalah dengan menggunakan teknis stealth marketing atau teknik marketing sembunyi-sembunyi. Pada jenis marketing ini, biasanya pemasaran atau promosi produk perusahaan buat dengan tidak begitu ketara.

Sehingga hanya audiens yang jeli saja yang bisa paham bahwa hal itu merupakan sebuah iklan produk. Contohnya seperti papan petunjuk toilet ini. Siapa yang menyangka jika ini adalah iklan parfum Axe yang brand terus lakukan secara sembunyi-sembunyi oleh mereka.

Sehingga tidak banyak orang yang menyadari bahwa papan toilet tersebut adalah sebuah iklan atau promosi. Sehingga untuk beberapa orang yang jeli saja yg menyadari keberadaan iklan tersebut.

Viral Marketing

Jenis pemasaran dari strategi guerilla marketing yang selanjutnya adalah dengan viral marketing. Kamu tentunya menyadari informasi yang viral terjadi karena ada banyak orang yang menyebarluaskannya.

Strategi pemasaran satu ini bisa memanfaat kekuatan dari media sosial untuk mengajak audiens dan influencer untuk menyebarkan pesan dari sebuah produk.

Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik yang Sukses Bersama Mash Moshem Indonesia!

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu guerilla marketing, kan? Singkatnya, ini menjadi strategi promosi dengan mengandalkan kreativitas dan pendekatan tidak biasa untuk menarik perhatian konsumen. Dalam industri kosmetik, strategi ini dapat membantu kamu untuk memikat konsumen melalui konten yang berisikan kreativitas dan keunikan tertentu.

Tapi, kamu tidak bisa hanya berfokus pada strategi pemasaran saja, melainkan juga harus menciptakan produk kosmetik berkualitas. Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa mewujudkannya dengan formulasi yang tepat sesuai kebutuhan pasar melalui bahan premium. Dengan fasilitas produksi berstandar CPKB Grade A, produk kosmetik yang dihasilkan sudah teruji klinis keamanannya, sehingga aman digunakan.

Tunggu apalagi? Wujudkan mimpi kamu sukses di industri kosmetik bersama Mash Moshem Indonesia dimulai dengan klik banner di bawah ini!



author-avatar

About PT Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011