
Blog
14 Cara Mengelola Halaman Bisnis di Facebook, Simak di Sini!

Facebook telah menjadi salah satu media sosial yang digunakan sebagai platform promosi bisnis, termasuk dalam industri kosmetik. Salah satunya melalui fitur halaman yang ada di Facebook, karena bisa membantu setiap pebisnis untuk berjualan, tak terkecuali bisnis kosmetik.
Halaman Facebook sendiri sebuah fitur yang memberikan tempat bagi tokoh publik, artis, organisasi, pelaku bisnis, dan lainnya untuk bisa berinteraksi dengan penggemar dan pelanggan dengan lebih mudah. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum tahu cara mengelola halaman bisnis di Facebook.
Padahal, fitur halaman di Facebook ini bisa membantu bisnis kosmetikmu untuk terlihat lebih profesional hingga menjangkau banyak orang. Jadi, buat kamu pemilik bisnis kosmetik yang ingin tahu cara mengelola halaman bisnis di Facebook, bisa menyimak artikel di bawah ini!
Mengapa Halaman Bisnis Harus Dikelola?
Apakah kamu juga berpikir bahwa setelah membuat halaman bisnis, kamu hanya perlu mengunggah konten bagus saja dan pelanggan akan datang dengan sendirinya?
Membuat konten yang bagus dan menarik memang penting, tapi ternyata itu saja masih belum cukup lho! Jika diibaratkan dengan memancing, kamu harus menyesuaikan jenis kail, umpan, senar dan berbagai peralatan lainnya dengan ikan yang ingin kamu tangkap dan lokasi tempat kamu memancing bukan?
Sama saja dengan Halaman Bisnis Facebook ini. Kamu harus memahami cara kerja Halaman Bisnis Facebook, siapa target market bisnis kosmetikmu, dan berbagai aspek lainnya yang bisa mendukung agar Halaman Bisnismu dapat dikenal luas dengan lebih cepat.
Ketika halaman bisnis Facebook sudah banyak dikenal luas, jaminan untuk mendapatkan akses pasar yang lancar jadi lebih mudah. Karena sekarang, setiap orang akan memastikan suatu produk atau layanan melalui sosial media.
Mereka akan mencari kepastian, apakah suatu produk atau layanan dapat dipercaya hasil dan kualitasnya melalui validasi publik.
Tak heran, bila cara mengelola halaman bisnis di Facebook itu sangat penting. Jadi, kamu tidak bisa menyepelekan tentang pengelolaan halaman bisnis di Facebook.


Cara Mengelola Halaman Bisnis di Facebook
Meski fitur pada Facebook sudah banyak berkembang, namun landasan yang digunakan masih tetap sama yaitu interaksi antar pengguna. Interaksi inilah yang menjadi modal dasar untuk mengembangkan halaman bisnis Facebook. Nah, berikut ini cara mengelola halaman bisnis di Facebook:
Buat Halaman Bisnismu
Langkah pertama sebelum mengelola tentu saja adalah membuat halaman bisnis Facebook. Untuk membuat halaman bisnis sendiri sangat mudah. Kamu hanya perlu masuk ke akun Facebook bisnis kosmetikmu dan langsung bikin halaman bisnis dari akun tersebut.
Kamu hanya perlu mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh sistem dalam proses pembuatan halaman bisnis di Facebook.
Tambahkan Aset dan Tetapkan Izin
Setiap jenis halaman di Facebook memiliki fitur berbeda. Pada Halaman Bisnis, kamu perlu mengatur beberapa hal dan yang paling utama adalah aset dan izin untuk orang-orang yang berperan dalam halaman bisnismu.
- Untuk mengatur aset, buka “Pengaturan di Halaman”, pilih “Orang dan Aset” > “Orang”. Tetapkan siapa yang boleh mengendalikan “Akun Iklan dan Halaman”, jangan lupa memberikan izin sesuai peran mereka dalam Halaman.
- Kalau kamu sudah membuat akun Bisnis Instagram untuk produk kosmetik, kamu juga bisa menghubungkannya dengan Halaman Bisnis Facebook. Untuk menghubungkannya kamu hanya perlu membuka “Pengaturan Bisnis”, kemudian pilih “Akun Instagram”.
- Selanjutnya, “Buka Halaman”, pilih “Tambahkan Halaman Baru” dan pilih “Klaim Halaman”.
- Buat “Akun Iklan” > “Tambahkan Akun Iklan Baru”
Ketika kamu menetapkan izin akses pada timmu, pastikan mereka mendapat level izin sesuai posisi mereka ya agar tugas mereka jadi lebih jelas dan lebih mudah memantau Halaman Bisnis yang kamu kelola.
Ciptakan Interaksi dan Tumbuhkan Loyalitas Pelanggan
Sebagaimana sudah dijelaskan di awal, landasan dasar dibuatnya halaman adalah untuk menciptakan interaksi. Bukan hanya itu, Facebook mendesain halaman agar memberi pelaku bisnis menjadi lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan dan dapat lebih cepat memberikan tanggapan.
Pelanggan selalu merasa senang dengan kesan-kesan positif. Kesan positif ini menjadi nilai lebih bahkan tak sedikit pelanggan yang memilih layanan menyenangkan dibanding harga yang murah.
Bukan hanya itu, pelayanan yang baik menunjukkan seberapa profesional tim kamu. Siapa yang tidak yakin untuk berbisnis dengan tim profesional? Tentu, akan membuat brand kosmetikmu semakin dikenal oleh konsumen, sehingga penjualan menjadi lebih meningkat.
Baca Juga: 13 Cara Iklan di Facebook Bagi Pemula, Bantu Tingkatkan Jangkauan!
Aspek yang Harus Kamu Kelola Dalam Pelayanan
Cara mengelola halaman bisnis di Facebook yang benar, kamu juga harus memperhatikan berbagai aspek penting dalam pelayanan berikut ini.
Pesan
Bukan hanya membalas dan berkirim pesan, tinjaulah bagaimana orang berinteraksi dengan halaman bisnis kosmetikmu. Jadikan informasi tersebut sebagai acuan dalam menanggapi pesan dari pelanggan. Pertimbangkan pula informasi yang dibagikan pelanggan di profilnya.
Notifikasi
Melalui notifikasi, kamu jadi tahu seberapa banyak suka dan tanggapan lainnya untuk postingan yang kamu bagikan melalui fitur halaman bisnis tersebut. Selain itu, dengan notifikasi tersebut, kamu bisa segera menanggapi komentar pelanggan lebih cepat.
Pengaturan
Karena sebelum membuat halaman sudah menentukan siapa yang menjadi target pasar, kamu bisa mengatur hal tersebut di menu pengaturan. Kontrol siapa saja yang bisa melihat halaman dan postingan di halaman. Selain itu, kamu juga bisa mengatur siapa saja yang boleh memiliki peran di halaman bisnismu.
Tentang
Gunakan fitur ini untuk membagikan informasi seputar bisnis kosmetikmu pada pelanggan. Kamu bisa menambahkan informasi berupa alamat, nomor telepon, situs web dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membagikan detail mengenai produk, layanan hingga harga dan promo yang sedang kamu adakan.


Periksa Secara Berkala Kinerja Halaman Bisnis dan Tingkatkan
Kamu bisa memeriksa kinerja halaman melalui tab Insight Halaman. Di sini kamu bisa memantau konten seperti apa yang menciptakan lebih banyak interaksi.
Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah menentukan konten seperti apa lagi yang dapat menciptakan lebih banyak interaksi di halaman bisnis.
Ini dia beberapa hal yang harus kamu pantau melalui Insight Halaman:
Jangkauan dan interaksi
Ketahui berapa banyak yang melihat postinganmu dan berikan tanggapan berupa komentar, sukai postingan hingga berapa kali postingan dibagikan.
Tindakan
Awasi tindakan orang-orang di halamanmu. Apakah mereka membuka situs atau menekan tombol ajakan untuk memberi tindakan.
Orang
Pahami pelangganmu dari data demografi mereka, seperti usia, jenis kelamin dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui bagaimana pelanggan menemukan halaman bisnis kosmetikmu dan kapan waktu menemukannya.
Tayangan
Perhatikan berapa banyak orang yang melihat halaman bisnis kosmetikmu dan postingan mana yang menarik perhatian mereka.
Postingan
Lihat rincian kinerja postingan yang kamu unggah di Halaman Bisnis tersebut. Perhatikan berapa banyak yang telah dijangkau dan bagaimana tanggapan mereka terhadap postinganmu.
Data-data yang kamu peroleh dari Insight Halaman ini bisa menjadi acuan ketika akan membuat konten baru. Dengan modal data dan informasi tersebut, kamu jadi lebih tahu konten seperti apa yang disukai oleh pelangganmu.
Rencanakan dan Jadwalkan Unggahan
Cara mengelola halaman bisnis di Facebook selanjutnya adalah perencanaan dan penjadwalan. Setelah kamu mengawasi bagaimana pelanggan menanggapi unggahanmu di halaman, segera lakukan perencanaan untuk unggahan selanjutnya. Jangan lupa untuk mengatur jadwalnya agar unggahan halamanmu teratur dan tidak berbenturan dengan postingan di platform yang lain.
Halaman Facebook sendiri sudah menyediakan fitur yang memungkinkan kamu lebih mudah untuk menjadwalkan postingan. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu tidak perlu takut terlambat mengunggah postingan hingga kehilangan momen.
Gunakan Gambar Thumbnail dan Video Yang Berkualitas serta Menarik
Thumbnail adalah visual pertama yang ditangkap pelanggan ketika menjelajah sosial media. Jika kamu ingin menarik perhatian mereka untuk menyimak unggahanmu, maka gunakan thumbnail yang menarik.
Pastikan bahwa gambar dan video yang kamu gunakan untuk unggahanmu tidak terlalu berat untuk diputar dan tidak terlalu buruk kualitasnya. Pilihlah gambar dan video yang nyaman untuk disimak oleh pelanggan agar mereka tertarik untuk memberikan tanggapan.
Baca Juga: 7 Cara Optimasi SEO Facebook untuk Tingkatkan Engagement
Pilih Foto Profil dan Cover yang Menarik dan Dapat Mewakili Identitas Bisnismu
Ketika pelanggan merasa ingin tahu mengenai Halaman Bisnismu, mereka akan membuka halamanmu. Sambutlah kedatangan mereka dengan tampilan yang menarik.
Selain penampilan, penting juga untuk menambahkan informasi pada foto profil dan sampul halamanmu. Informasi tidak selalu dalam bentuk tulisan, logo brand ataupun gambar lain yang dapat menjelaskan bisnismu juga merupakan informasi.
Tampilan inilah yang ditangkap pelanggan ketika mereka membuka halaman bisnismu untuk kali pertama, dan pastikan mereka tahu siapa kamu dan mencari tahu lebih jauh mengenai bisnis kosmetikmu.
Tab Custom
Manfaatkan Tab Custom untuk meningkatkan hasil pemasaran melalui Halaman Bisnismu. Berikan berbagai penawaran menarik untuk pelangganmu. Kamu bisa mengajaknya untuk mengikuti halamanmu, memberikan penawaran khusus hingga promosi terbatas.
Berikan Apresiasi Untuk Pelanggan
Perhatian-perhatian kecil yang kamu berikan pada pelangganmu melalui halaman bisnis bisa memberikan kesan yang baik pada mereka. Pelanggan akan merasa dihargai, merasa dekat denganmu, dan merasa bahwa keberadaan mereka benar-benar berarti untukmu.
Apresiasi berupa balasan sederhana pada komentar yang mereka berikan di unggahanmu, berikan balasan cepat pada pesan yang mereka kirim hingga hadiah-hadiah kecil yang kamu bagikan. Hal ini akan membuat pelangganmu menjadi lebih loyal kepada brand kosmetikmu.
Ajukan Pertanyaan
Tidak harus berupa pertanyaan berat, menanyakan aktivitas pagi atau sekadar menu sarapan dapat mengundang tanggapan dari pelangganmu. Semakin mereka merasa nyaman, semakin mudah menggiring mereka untuk memberikan hasil yang kamu harapkan, yaitu konversi.
Call To Action
Tak perlu sungkan atau segan untuk mengajak pelanggan agar memberikan tanggapan mereka. Undang mereka untuk memberikan tanggapan sesuai yang kamu inginkan.
Namun, perlu kamu tahu panggilan aksi bukan hanya ajakan untuk menanggapi unggahan di halaman bisnismu. Karena kembali pada tujuan utama bisnismu, yang sebenarnya kamu inginkan dari pelangganmu adalah agar mereka membeli produkmu atau menggunakan layanan yang kamu tawarkan.
Pastikan, di momen yang tepat kamu menambahkan panggilan aksi berupa ajakan pada pelanggan sesuai tujuan bisnismu, ya!
Jangan Lengah Dari Kompetitor
Bukan hanya pelanggan, penting juga untuk mempelajari kompetitor. Apa yang tidak kamu tawarkan tapi ditawarkan oleh kompetitor dan sebaliknya. Kemudian bagaimana perbedaan tanggapan pelanggan pada penawaran kalian.
Strategi apa yang digunakan oleh kompetitor, siapa target pasar mereka dan berbagai informasi lainnya. Hal-hal ini akan kamu perlukan untuk mengembangkan bisnis kosmetikmu serta menentukan strategimu sendiri.
Keep It Short And Simple
Tak perlu menggunakan caption panjang lebar untuk menjelaskan tentang postinganmu. Kamu bisa mempelajari teknik copywriting untuk membuat caption yang singkat, padat, jelas dan menarik untuk unggahanmu.
Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik Brand Sendiri yang Sukses Bersama Mash Moshem Indonesia!
Memahami cara mengelola halaman bisnis di Facebook saja tidak cukup buat kamu yang ingin miliki brand kosmetik yang sukses, melainkan harus menciptakan produk yang berkualitas. Nah, di sini, kamu bisa berpartner dengan Mash Moshem Indonesia sebagai jasa maklon kosmetik terbaik.
Dengan fasilitas produksi berstandar CPKB Grade A, Mash Moshem Indonesia siap membantu kamu untuk membuat produk kosmetik berkualitas dan aman digunakan. Selain itu, kami juga miliki tim marketing profesional yang dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat, termasuk cara mengelola halaman bisnis di Facebook. Oleh karena itu, segera wujudkan mimpi kamu dengan klik banner di bawah ini untuk konsultasi bersama tim ahli kami!













