10 Jenis Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif, Simak dan Catat Ya!

kandungan skincare untuk kulit sensitif

Memiliki kulit wajah yang sensitif memang terbilang cukup tricky, karena salah memilih produk perawatan wajah hanya akan membuat kulitmu rentan teriritasi atau mengalami alergi kosmetik.

Nah, salah satu cara untuk mengetahui aman tidaknya produk itu digunakan untuk kulit sensitif adalah memeriksa kandungan atau bahan apa saja yang digunakan dalam formulanya.

Kandungan dalam skincare memang aman, namun tidak semuanya akan cocok dengan kulit wajahmu, apalagi kalau bertipe sensitif.

Beberapa bahan bahkan terbilang terlalu keras dan dapat membuat kondisi kulit jadi lebih kering serta sensitif. Bahan ini antara lain alcohol, fragrance, asam salisilat, retinoid, dan masih banyak lainnya.

Lalu, apa saja kandungan skincare untuk kulit sensitif yang aman untuk digunakan?

Well, khusus untuk menjawab kegelisahanmu ini, berikut beberapa jenis kandungan skincare untuk kulit sensitif yang aman dan baik untuk dicoba.

Jangan sampai kelewatan dan baca baik-baik, ya!

Aloe Vera Gel Extract

aloe vera

Kamu pasti udah enggak asing dengan kandungan skincare satu ini. Ya, aloe vera merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu merawat semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Bahan alami ini memiliki sifat yang menenangkan, menyegarkan, dan menghidrasi kulit dengan optimal. Karenanya akan sangat cocok bila digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Bakuchiol

kandungan skincare untuk kulit sensitif

Kandungan skincare untuk kulit sensitif yang selanjutnya adalah bakuchiol. Bahan aktif ini diambil dari ekstrak tumbuhan yang bernama Psoralea Corylifolia, dengan kata lain bakuchiol terbilang bahan alami.

Bakuchiol pun pada umumnya digunakan sebagia alternatif dari vitamin A atau retinol. Namun, sifatnya yang lebih stabil akan cocok digunakan bagi orang yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Kandungan ini pun cenderung tidak akan menimbulkan reaksi iritasi atau membuat kulit menjadi lebih kering.

Kamu bisa menemukan kandungan bakuchiol dalam berbagai jenis produk perawatan wajah, mulai dari serum, krim wajah, toner, hingga essence.

Sama halnya dengan retinol, kandungan ini pun lebih banyak ditemukan pada produk skincare yang digunakan di malam hari.

Centella Asiatica

centella asiatica (1)

Centella asiatica atau daun pegagan merupakan kandungan skincare untuk kulit sensitif yang sedang naik daun. Terlebih, kandungan ini pun bisa membantu meningkatkan kecerahan, menutrisi, dan melembapkan kulit wajah,

Kandungan ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai produk perawatan wajah, seperti essence, krim wajah, serum wajah, essence, hingga toner.

Jojoba Oil

manfaat jojoba oil untuk kulit

Kandungan skincare untuk kulit sensitif lainnya adalah jojoba oil. Ya, kamu pastinya sudah mengenal baik bahan alami satu ini.

Jojoba oil merupakan salah satu jenis minyak pembawa, yang sifatnya menenangkan, melembapkan, dan memberikan perawatan lembut pada kulit wajahmu.

Karena berbagai sifatnya itulah, jojoba oil akan sangat cocok digunakan untuk merawat kulit sensitif. Senyawa antiinflamasinya akan menenangkan kulit, mengurangi gejala peradangan dan meredakan sensitifitas kulit.

Minyak ini pun bisa jadi emolien yang sangat baik dalam merawat kulit kering, dengan membantu mengembalikan kelembapan yang hilang dan menguncinya seharian.

Tak cuma itu, jojoba oil pun bersifat noncomedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori wajah, tidak memicu komedo maupun jerawat di kulit.

Kamu bisa menjadikan jojoba oil ke dalam bagian langkah perawatan wajah yang rutin kamu lakukan, dengan memakainya sebagai cleansing oil  atau mencampurkannya sebagai masker wajah organic.

Squalane Oil

Sebagai kandungan yang baru saja mendapat sorotan di industry kosmetik, sudah sewajarnya kalau kamu kudu menaruh perhatian penuh pada squalane oil.

Ya, sebab kandungan ini sangat baik digunakan untuk merawat kulit kering dan sensitif. Sifatnya yang ramah tidak akan membuat kulit teriritasi atau menyebabkannya jadi lebih kering.

Tak hanya itu, squalane oil pun membantu menenangkan kulit, mengembalikan kelembapan yang hilang, serta bisa memperkuat skin barrier pada kulit wajah kamu.

Untuk itulah, kandungan skincare untuk kulit sensitif ini sangat direkomendasikan untuk kamu coba. Squalane oil bisa ditemukan dengan mudah di produk face serum, face oil, moisturizer, essence, toner, dan krim wajah.

Ekstrak Bunga Chamomile

manfaat bunga chamomile untuk kecantikan (3)

Bunga kamomil merupakan salah satu jenis tanaman yang baik untuk membantu merawat kecantikan kulit. Bahan alami ini bisa ditemukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, utamanya untuk merawat kulit sensitif.

Ini dikarenakan bunga kamomil mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri. Sementara kandungan antiinflamasi ini bisa membantu menenangkan kulit, meredakan peradangan dan kemerahan, maka kandungan antibakteri akan mencegah adanya infeksi.

Ceramide

Kandungan skincare untuk kulit sensitif satu ini pasti sudah tak asing lagi buatmu. Ya, apalagi kalau bukan ceramide, yang digadang-gadang sama baiknya seperti hyaluronic acid.

Ceramide sebenarnya telah ada di kulit manusia secara alami, namun seiring berjalannya waktu kandungan ini pun akan semakin berkurang dan berpengaruh besar pada kesehatan kulit.

Kandungan skincare satu ini akan bekerja untuk memabntu memperbaiki dan memperkuat fungsi skinbarrier kulit wajah kamu.

Seperti yang diketahui skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang mencegah dampak buruk radikal bebas, redusi kimiawi dari kosmetik, dan faktor eksternal lain yang bisa merusak kulit wajah.

Phantenol

Kandungan satu ini mungkin kurang familiar untuk kamu, namun phantenol dapat digunakan untuk merawat kulit sensitif denga naman tanpa menimbulkan reaksi iritasi.

Phantenol merupakan senyawa vitamin B5 yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit dengan mendorong proses regenerasi kulit. Hal ini pun akan membuat kondisi kulit sensitif jadi lebih baik.

Asam Azaleat

Asam azelat atau azelaic acid merupakan salah satu jenis kandungan skincare untuk kulit sensitif yang akan dibahas selanjutnya. Kandungan ini utamanya dapat bekerja untuk mengatasi jerawat dan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Bedanya dengan yang lain, asan azelaic tergolong lebih ringan dan bisa digunakan untuk orang dengan tipe kulit sensitif. Meski begitu, sebelum mencoba ada baiknya kamu memperhatikan reaksi kulitmu terlebih dahulu dengan kandungan ini.

Bila tidak terjadi masalah serius atau menimbulkan iritasi, kamu bisa melanjutkan penggunaannya secara bertahap. Maksudnya, dosis penggunaan skincare berkandungan asam azelaic ini harus bertahap dari awal pemakaian.

Shea Butter

Satu kandungan lagi yang wajib kamu coba untuk merawat kulit sensitif adalah shea butter. Kandungan yang diambil dari tanaman shea ini bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit dan menjaganya agar tidak mudah kering.

Tak hanya itu, shea butter pun diketahui memiliki sifat yang ramah dan tidak akan menyebabkan iritasi. Kandungan ini juga diketahui dapat menenangkan kulit, memberikan lapisan perlindungan tambahan, juga mengurangi gejala peradangan.

Kamu bisa dengan mudah menemukan kandungan shea butter dalam berbagai produk pelembap kulit, baik yang berbentuk krim, lotion, serum, essence, bahkan toner wajah.

Vitamin E

Last but not least ada kandungan vitamin E, yang dikenal ampuh dalam menutrisi dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Vitamin E dikenal sebagai antioksidan dan antiinflamasi alami, yang bekerja dalam menangkal berbagai dampak buruk radikal bebas pada kulit dan menstabilkan fungsi normal kulit.

Kandungan ini pun diketahui dapat memperbaiki tekstur dan vitalitas kulit secara keseluruhan. Yakni dengan mengurangi berbagai masalah peradangan, kemeraha, dan mengembalikan kelembapan alami yang hilang pada kulit.

Nah, itu adalah 10 kandungan skincare untuk kulit sensitif yang harus kamu ingat-ingat dengan baik. Jadi kalau kulitmu dalam keadaan sensitif, kamu bisa menggunakan produk yang menggunakan bahan-bahan di atas dan menghindari produk berbahan terlalu keras.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

Kamu pasti belakangan sangat menyadari bagaimana struktur sosial bergerak dan berubah. Salah satunya, bagaimana kedudukan perempuan dalam dunia bisnis dan industry. Tak hanya berperan dalam ranah domestic, kini kamu bisa menemukan dengan mudah perempuan-perempuan yang juga aktif dalam berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment