Manfaat Ekstrak Brokoli untuk Kecantikan Kulit, Apa Saja?

manfaat ekstrak brokoli untuk kecantikan kulit

Penggunaan bahan-bahan alami dalam industri kosmetik kini sudah bukan hal baru lagi. Banyak ekstrak dari bunga, sayur, dan buah-buahan yang diolah sebagai bahan dasar kosmetik. Salah satunya adalah ekstrak brokoli, yang menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Mungkin sebagian dari kamu mengira jika brokoli hanya bisa dijadikan makanan. Siapa sangka jika sayur dengan nama latin Brassica Oleracea Italica ini juga memiliki manfaat bagi kecantikan, terutama bagi kulit. 

Ternyata sayur berwarna hijau tua tersebut mengandung antioksidan di dalamnya, yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV, melindungi kulit dari radikal bebas, dan menyamarkan tanda penuaan.

Penggunaan ekstrak brokoli sebagai bahan kecantikan tentu akan menghasilkan produk alami berbahan organik yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit kamu. 

Produk yang mengandung bahan alami dan organik pasti banyak diminati oleh konsumen. Karena kebanyakan konsumen lebih memilih produk aman tanpa bahan kimia berbahaya.

Sudah pasti produk yang mengandung ekstrak brokoli ini akan dilirik konsumen dan diterima pasar. Bayangkan jika kamu memiliki brand produk skincare berbahan ekstrak brokoli sendiri?  

Yup! Kamu bisa membuatnya dengan bantuan jasa maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia.  Penasaran caranya? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Bagaimana Ekstrak Brokoli Diproses?

Tidak hanya bisa dikonsumsi, brokoli bisa dijadikan bahan pembuatan kosmetik melalui proses ekstraksi. Tapi bukan di bagian bunganya melainkan pada biji kecambah dari sayur brokoli itu sendiri. 

Dalam prosesnya, biji kecambah sayur brokoli akan diperas. Mengapa bagian biji kecambah yang dipilih? Karena biji kecambah dari sayur brokoli mengandung antioksidan, bahkan diperkirakan kandungannya mencapai 80 sampai 100 kali lebih banyak jika dibandingkan pada bagian bunga maupun batangnya.

Apa Manfaat Ekstrak Brokoli untuk Kecantikan Kulit

Ekstrak brokoli mengandung banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi tidak heran jika brokoli cocok digunakan sebagai formulasi kosmetik kamu, di antaranya bermanfaat untuk:

ekstrak brokoli untuk kecantikan kulit manfaat

Melembapkan Kulit

Manfaat ekstrak brokoli untuk kecantikan yang pertama adalah membantu melembapkan kulit. Ekstrak brokoli mengandung lemak tinggi, seperti asam oleat, linoleat, erusat, dan alfa-linoleat. Deretan asam lemak tersebut berguna untuk melembapkan kulit kering.

Selain mengandung asam lemak, ekstrak brokoli juga memiliki kandungan Omega 3, 6, dan 9. Kandungan Omega tersebut memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi kenyal dan tampak bercahaya secara alami. 

Membantu Memerangi Kerusakan Akibat Sinar UV

Efek sinar matahari memang tidak bagus bagi kulit kamu. Karena dapat menyebabkan iritasi hingga kerusakan pada lapisan kulit. Namun, efek sinar UV itu dapat kamu atasi dengan produk yang mengandung ekstrak brokoli.

Sebab, ekstrak brokoli mengandung antioksidan sulforaphane yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Melansir dari laman maskskincare.com, penelitian oleh seorang profesor dari Departemen Farmakologi dari Universitas Arizona juga telah membuktikan manfaat tersebut, loh

Melalui penelitian tersebut terdapat penjelasan bahwa kandungan antioksidan sulforaphane (sulforafan) sangat efektif untuk memblokir paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, ekstrak brokoli juga bermanfaat dalam mencegah kemerahan serta peradangan kulit akibat sinar UV. Dikarenakan kandungan ekstrak brokoli tersebut bisa membentuk enzim pelindung secara alami.

Sumber Retinol Alami

Kandungan retinol banyak ditemui dalam skincare maupun kosmetik. Secara umum, retinol sendiri berperan untuk mempercepat proses pergantian sel yang dapat mencerahkan kulit. 

Ekstrak brokoli juga mengandung vitamin A yang berperan sebagai retinol alami bagi kulit. Vitamin A dalam ekstrak brokoli ini nantinya akan membantu proses pergantian sel kulit tanpa menimbulkan efek samping.

Bekerja sebagai Antioksidan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa ekstrak brokoli mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan ini juga memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat menangkal efek radikal bebas.

Radikal bebas ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti polusi, asap, dan sinar UV. Sehingga penggunaan ekstrak brokoli ini menjadi lebih efektif dalam menangkal radikal bebas yang mungkin kamu alami saat berkegiatan di luar ruangan.

Memperlambat Munculnya Tanda Penuaan di Kulit

Kandungan antioksidan dalam ekstrak brokoli juga disebut sebagai pro-kolagen karena dapat meningkatkan produksi kolagen. Sudah buka rahasia lagi jika kolagen sangat berguna bagi kesehatan kulit. 

Salah satu manfaat kolagen adalah mencegah munculnya tanda penuaan, khususnya di area wajah. Seperti garis-garis halus serta munculnya kerutan di sekitar area mata.

Mencegah Inflamasi

Kulit biasanya sangat rentan terkena inflamasi, terutama di area wajah. Misalnya breakout, rosacea, kulit menjadi kusam, dan kendur. Inflamasi ini juga bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti stres berlebih, dan gaya hidup yang tidak sehat. 

Tenang, karena hal tersebut bisa kamu atasi dengan penggunaan skincare yang mengandung ekstrak brokoli. Kandungan antioksidan yang kuat dalam ekstrak brokoli akan mengurangi efek buruk inflamasi dengan cara meningkatkan sirkulasi metabolisme sel kulit wajah kamu.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Membuat Skincare dengan Kandungan Ekstrak Brokoli

    Penggunaan ekstrak brokoli dalam kosmetik juga bisa kamu jadikan peluang usaha untuk membuat brand kosmetik sendiri. Jika ingin produk kecantikanmu beda dari yang lain, ekstrak brokoli bisa kamu jadikan pilihan yang tepat. 

    Kandungan ini nantinya akan menjadi salah satu formulasi yang menjanjikan bagi produk kosmetik dari brand milikmu kedepannya. 

    Dan akan lebih mudah lagi kalau kamu menggandeng partner profesional seperti Mash Moshem Indonesia dalam menciptakan produk kosmetik dengan brand sendiri. 

    Nantinya kamu juga akan dijelaskan bagaimana step by step dari proses penciptaan produk kosmetik dari brand-mu sendiri. Ada step apa saja? berikut penjelasannya:

    Diskusikan Konsep Produk bersama Tim Pemasaran

    Step pertama, kamu akan melakukan proses diskusi terlebih dahulu bersama tim pemasaran dari Mash Moshem Indonesia. Tujuan dari diskusi ini nantinya akan menghasilkan penentuan konsep serta ide bagi produk kosmetik kamu. Khususnya produk kosmetik yang menggunakan ekstrak brokoli. 

    Selanjutnya proses diskusi ini juga akan membahas mengenai proses pembuatan produk kosmetik milikmu, meliputi penggunaan bahan ekstrak brokoli ataupun kandungan bahan lainnya, manfaat produk, pilihan aroma, serta karakter yang ingin kamu bangun dalam produkmu nantinya.

    Pembuatan Sampel Produk oleh Tim Formulator

    Step berikutnya, kamu juga akan melakukan proses pemilihan bahan untuk formulasi produk skincare yang mengandung ekstrak brokoli milikmu. Proses pemilihan bahan ini juga akan dibantu oleh tim formulator dari Mash Moshem Indonesia. 

    Perlu kamu ketahui juga, bahwa Mash Moshem Indonesia telah berkomitmen untuk menciptakan formula eksklusif khusus bagi produk skincare yang mengandung ekstrak brokoli milikmu. Pastinya keuntungan ini akan membuat produk kosmetik kamu menjadi unggul dan beda dari brand kosmetik lain.

    Setelah mendapatkan formula bagi produk skincare yang mengandung ekstrak brokoli milik kamu. Step selanjutnya adalah pembuatan sampel yang akan tim formulator ahli kami lakukan untukmu.

    Kurang lebih, proses pembuatan sampel ini akan membutuhkan waktu selama 2 minggu.  Dalam proses pembuatan sampel, kamu juga boleh mengajukan revisi jika hasilnya belum sesuai ekspektasimu. Nah, kabar baiknya, pengajuan revisi ini juga tak perlu biaya tambahan, loh

    Pengurusan Legalitas dan Pembuatan Desain Kemasan

    Memiliki sertifikasi dan legalitas bagi produk skincare-mu juga menjadi nilai plus, khususnya bagi produk skincare yang mengandung ekstrak brokoli milikmu. 

    Kemudahan ini juga bisa kamu dapatkan di Mash Moshem Indonesia. Karena kami akan membantu mengurus proses sertifikasi dan legalitas produk skincare kamu secara lengkap. 

    Di antaranya pengurusan sertifikasi dan legalitas BPOM, HAKI, Halal dari MUI, serta klaim produk lainnya. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan dalam proses pengurusan legalitas ini selama 1 sampai 2 bulan lamanya.

    Di Mash Moshem Indonesia, kamu juga bisa mengajukan pengurusan sertifikasi HSA. Sertifikasi ini akan memudahkan kamu dalam memasarkan skincare yang mengandung ekstrak brokoli milikmu di luar negeri, khususnya di Singapura.

    Produksi Massal

    Setelah step a sampai dengan step c telah sesuai, maka selanjutnya adalah proses produksi massal. Langkah ini akan kami lakukan di pabrik kosmetik kami yang berada di Tulunagung, juga di bawah pengawasan tim ahli kami.

    Untuk menjaga dan memastikan skincare-mu memiliki kualitas unggulan, tim Quality Control (QC) akan melakukan pengawasan selama proses produksi dan melakukan double checking setelahnya.

    Tujuan utama kami adalah dapat membantumu menciptakan produk skincare dengan kualitas terbaik, yang unggul dan memiliki daya saing tinggi di pasar kosmetik. Selain itu, kualitas produkmu juga merupakan cerminan perusahaan kami, karenanya kami tak pernah bermain-main dengan kualitas produk yang kami ciptakan untukmu.

    Pasarkan Produk Skincare yang Mengandung Ekstrak Brokoli Milikmu!

    broccoli extract

    Step terakhir adalah saatnya memasarkan produk skincare yang mengandung ekstrak brokoli milik kamu. 

    Proses pemasaran skincare milikmu juga akan mendapatkan kemudahan dari Mash Moshem Indonesia. Karena kami menyediakan fasilitas yang nantinya bisa kamu jadikan strategi marketing. 

    Fasilitas ini berupa pembuatan media pendukung seperti : 

    Pembuatan  Video Produksi

    Untuk menunjang proses pemasaran dari produk skincare berkandungan ekstrak brokoli milikmu. Maka kami akan menyediakan fasilitas pembuatan video produksi yang bagus dan menarik.

    Jadi kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini dalam membuat strategi pemasaran baik di platform online maupun offline.

    Pembuatan Foto Produk

    Mash Moshem Indonesia tidak hanya menyediakan  pembuatan video produksi saja. Tapi juga menyediakan fasilitas lain seperti pembuatan foto untuk produk skincare yang mengandung ekstrak brokoli milik kamu.  Foto produk ini juga akan membantu kamu dalam menarik minat konsumen yang melihatnya.

    Pembuatan Katalog atau Brosur

    Fasilitas pembuatan media terakhir dari Mash Moshem Indonesia adalah  pembuatan katalog atau brosur. Adanya katalog atau brosur ini juga akan memudahkan proses pemasaran produk skincare yang mengandung ekstrak brokoli milik kamu menjadi lebih mudah. 

    Karena kamu bisa menarik minat konsumen lewat pembuatan katalog atau brosur yang unik, dan kreatif. Dan tidak lupa,  kami juga akan menyediakan fasilitas product knowledge.

    Itu tadi adalah step by step yang akan kamu lakukan jika melakukan maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia. Menarik, bukan? 

    So, pasti proses penciptaan produk skincare yang mengandung ekstrak brokoli milikmu semakin mudah dan cepat. Selain itu, kami juga akan memberimu keuntungan dan kemudahan lainnya. Jika berminat, silakan hubungi tim marketing kami di bawah ini, ya.

    cta ekstrak brokoli untuk manfaat kecantikan

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading