Mau Bikin Toko Kosmetik, Ini Dia Perincian Modal dan Kiat-kiat Suksesnya!
Berbisnis di bidang kosmetik memang sangat menjanjikan. Karena peminat kosmetik kian meningkat dan bervariasi dari tahun ke tahun. Hal ini menjadikan bisnis kosmetik selalu mengalami peningkatan dan tak sekedar jadi bisnis musiman.
Misalnya nih, dilansir dari Tempo.com bisnis kosmetik ditargetkan tumbuh 9% di tahun 2020 lalu. Pertumbuhan tersebut bertumpu pada perluasan ragam jenis kosmetik serta personal care. Tak hanya itu, produk dengan sertifikasi halal juga memiliki peranan tersendiri untuk menaikkan minat masyarakat terhadap kosmetik.
Nah, dari sana dapat dipahami bahwa bisnis kosmetik semakin berpeluang besar. Lebih lanjut, dalam Tempo.com juga dikatakan bahwa ekspor produk kosmetik nasional pada tahun 2019 lalu mencapai 600 juta Dolar Amerika. Jumlah yang lebih tinggi dibandingkan pada capaian pada tahun sebelumnya.
Untuk itu memilih berbisnis di bidang kosmetik adalah pilihan yang sangat tepat. Kamu bisa mencari referensi ide berbisnis kosmetik di sini.
Ide-ide bisnis kosmetik pun sangat banyak macamnya, salah satunya adalah membuka toko kosmetik. Jenis usaha ini dapat dibilang sangat populer dibanding yang lain. Hal ini karena toko kosmetik lebih mudah dan sederhana untuk dijalankan oleh pemula.
Tapi apakah benar begitu? Sebagai jawaban, mari simak ulasan mengenai modal-modal dan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka toko kosmetik baik online dan offline di bawah ini.
Berbisnis Kosmetik Dengan Membuka Toko Kosmetik Rumahan
Modal yang Diperlukan
Modal yang perlu disiapkan untuk mulai menggeluti bisnis toko kosmetik meliputi dua hal. Yakni investasi awal dan modal operasional. Kalau kamu mau membuka toko yang lebih besar, Anda juga harus mempersiapkan gaji karyawan.
Modal Investasi Toko Kosmetik Offline
Modal ini meliputi biaya-biaya yang sifatnya tetap, atau dengan kata lain bisa dijadikan investasi. Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.
Modal Investasi Toko Kosmetik Offline | Besarnya Biaya (Rp) |
Etalase | 2.000.000 |
Kursi dan meja | 700.000 |
Rak | 1.000.000 |
Renovasi Ruang | 750.000 |
Modal Operasional Toko Kosmetik Offline
Sementara itu biaya operasional toko kosmetik meliputi upah karyawan, sewa lokasi, biaya telp dan listrik, dan belanja produk-produk kosmetik yang akan dijual. Karena rumahan, maka lokasi dapat dilakukan di rumah atau di sekitar pemukiman tempat tinggal. Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.
Modal Operasional Toko Kosmetik Offline | Besarnya Biaya (Rp) |
Pembelian Kosmetik | 10.000.000 |
Listrik dan air | 100.000 |
Telepon | 100.000 |
Upah Karyawan | 800.000 – 1.000.000 |
Biaya lain-lain | 100.000 |
Bangun toko kosmetik sederhana | 2.000.000 |
Sewa tempat di lingkungan sekitar | 2.000.000 – 5.000.000 |
Biaya Promosi | 500.0000 |
Nah, dari dua tabel di atas, maka dapat kita perkirakan bahwa modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha toko kosmetik paling sedikit Rp. 20.050.000, dan paling besar Rp. 23.250.000.
Tentu saja modal ini dapat berubah sesuai dengan kondisi lokasi dan kebutuhan target pasar yang kamu tentukan sebelumnya. Bila kamu memulai membuat toko kosmetik rumahan, modal yang kamu keluarkan akan berbeda dengan membuat toko kosmetik di pasar maupun pusat perbelanjaan.
Estimasi Keuntungan per Tahun dari Usaha Toko Kosmetik Offline
Setelah menghitung modal yang kamu keluarkan nantinya, apakah memulai bisnis ini worth it untuk dicoba? Well, mari kita hitung estimasi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam setahun, ya!
Katakanlah dalam satu bulan, kamu bisa menjual produk rata-rata senilai 200 ribu per hari. Maka hitungan omset bulanan dari toko kosmetikmu adalah:
Rp. 200.000 x 30 hari = Rp. 6.000.000,-
Kemudian jumlah ini akan kita kalikan dalam satu tahun, maka penghasilan yang akan kamu dapatkan kurang lebihnya:
Rp. 6.000.000 x 12 bulan = Rp. 72.000.000
Dari pendapatan setahun ini, kamu bisa meraih keuntungan sebesar:
Rp. 72.000.000 – Rp. 23.250.00 (modal usaha paling besar) = Rp. 48.750.000
Jumlah keuntungan ini bisa kamu dapatkan dengan catatan, kamu berhasil menjual produk miniaml Rp 200 ribu per hari. Besarnya keuntungan dan kecepatan untuk mengembalikan modal awal ini sangat bergantung pada strategi pemasaran yang kamu rancang.
Misalnya dengan memilih produk kosmetik yang tepat, sesuai dengan kebutuhan target pasar, mempertimbangkan harga jual produk dan tingkat ekonomi konsumen, hingga penawaran atau promo khusus untuk menarik minat mereka.
Karena memulai usaha toko kosmetik offline memerlukan sumber daya yang besar, baik dalam bentuk uang maupun tenaga, akan lebih baik untukmu membangun bisnis ini secara online terlebih dahulu. Setelah kamu memiliki database konsumen yang cukup besar, kamu bisa memperluas usaha dengan membangun toko kosmetik offline.
Langkah-langkah Membuka Toko Kosmetik Offline
Riset Pasar
Anda tidak mungkin membuat toko kosmetik tanpa produk. Namun sebagian besar orang merasa kesulitan untuk menentukan produk dan merk apa yang ingin mereka jual. Hasilnya tidak banyak yang sembarangan saja membeli karena harganya yang murah atau tergiur dengan laba instan.
Untuk mengetahui tipe produk yang akan dijual sangatlah mudah. Misalnya dengan menggunakan pertanyaan kepada diri sendiri tentang produk kecantikan apa yang paling kamu butuhkan.
Kamu bisa juga mengecek tren melalui media sosial. Misalnya jenis make up apa yang paling viral, banyak digunakan dan responnya bagus.
Sementara itu, kamu juga dapat memperhatikan usia rata-rata pengguna make up yang ada di lingkunganmu. Serta bagaimana daya beli mereka, sehingga kamu dapat menyesuaikan produk-produk apa yang akan diminati dan cepat dibeli oleh masyarakat.
Lokasi Toko Kosmetik Rumahan
Untuk mulai berbisnis toko kosmetik rumahan, kamu cukup menyiapkan bagian di rumahmu untuk dijadikan sebagai toko. Biaya renovasinya tentu lebih murah dibanding membangun dari awal.
Namun jika modal terbatas dan kamu tidak memiliki ruang yang cukup di rumah, maka dapat dengan menyewa tempat usahanya saja.
Siapkan Daftar Supplier
Suplier tentu sangat berperan penting dalam membuka toko kosmetik, karena dari sanalah kamu mengambil stok produk kosmetik yang ingin kamu jual. Pertimbangkan harga beli, jauh dekat lokasinya dari tokomu, dan kualitas kosmetik yang dijual.
Ketika memilih supplier, kamu harus mempertimbangkan banyak hal, termasuk harga yang mereka tawarkan, track record dengan penjual yang lain, dan keberagaman produk kosmetik yang mereka miliki.
Agar kamu tak salah pilih, simak tips memilih supplier atau agen kosmetik berikut ini:
Tips Memilih Supplier atau Agen Kosmetik Terpercaya
- Riset toko kosmetik terdekat secara online dan buat daftar toko yang akan kamu datangi.
- Kunjungi toko-toko yang telah kamu daftar secara langsung.
- Bergabung dengan komunitas usaha, khususnya yang bergerak di bidang kosmetik.
- Pertimbangkan untuk memakai supplier atau agen kosmetik dari Luar Negeri
Cara Meningkatkan Penjualan Toko Kosmetik Offline
Kelengkapan Produk Toko Kosmetik
Berbisnis toko kosmetik sudah sangat menjamur, untuk itu saingannya juga sangatlah banyak. Dengan begitu kamu harus terlihat menonjol agar banyak pembeli yang datang atau membeli produk dari tokomu.
Kamu bisa mulai menarik pelanggan dengan menyediakan produk yang lengkap. Misalnya mulai dari perawatan rambut, wajah, badan hingga ke ujung kaki. Usahakan pula, banyak pilihan dan variasi dari berbagai produk itu.
Perhatikan hal-hal mendasar seperti merk-merk kosmetik paling laku dan yang paling ngetrend. Kamu juga harus pandai memilih stok barang. Misalnya untuk barang yang kurang diminati, maka jangan terlalu banyak. Dan jika danamu cukup, tak ada salahnya berinvestasi pada produk yang paling banyak diinginkan pembeli.
Maksimalkan Pelayanan Pembeli
Hal ini sangat krusial untuk toko kosmetikmu, lho. Kalau pelayanan yang kamu berikan tidak maksimal, bisa saja seorang pembeli akan merasa sangat tidak nyaman dan akhirnya batal bertransaksi.
Agar pelayananmu maksimal, kenalilah produkmu dengan lebih baik. Kamu harus tahu manfaat dan kandungan dari produk itu. Dengan demikian kamu juga dapat memberikan saran-saran yang bermanfaat kepada pembeli.
Tak hanya itu, kamu juga butuh karyawan yang berpengalaman dan dapat berkomunikasi dengan baik. Misalnya tetap ramah kepada konsumen dan telaten memberikan penjelasan produk yang dijual.
Dengan menerapkan hal-hal itu, pembeli akan merasa nyaman dan akhirnya menjadi loyal dengan tokomu. Mereka akan dengan senang hati melakukan pembelian lagi dan bahkan bisa saja dalam jumlah yang lebih besar.
Adakan Promosi
Cara ini dapat dibilang cukup efektif untuk menarik pelanggan, apalagi kalau toko kosmetikmu tergolong baru. Promosi yang efektif akan membuat nama tokomu dengan mudah dikenal dan dikenang oleh calon pembeli.
Kamu bisa berpromosi melalui nama toko yang keren dan trendi, membuat papan poster yang mencolok dan mempromosikan lewat media sosialmu.
Beri Nilai Lebih
Untuk sukses pada usaha toko apapun maka usahamu harus memiliki nilai lebih, tak terkecuali pada usaha toko kosmetik.
Hal-hal yang dapat kamu maksimalkan dan jadikan nilai lebih dari tokomu misalnya melalui kenyamanan bertransaksi, harga yang lebih ekonomis, keramahan pada pembeli, dan penampilan yang baik (bisa dari desain toko, hingga penampilan karyawan).
Dengan demikian pembeli akan merasa nyaman untuk datang ke tokomu. Mereka akan selalu mempertimbangkan toko kosmetikmu ketika ingin membeli produk-produk kecantikan.
Cantumkan Toko Kosmetikmu di Google Maps
Agar bisnismu dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan diketahui oleh banyak orang, tidak ada salahnya menambahkan lokasi toko kosmetikmu di Google Maps.
Fitur ini berguna untuk mempermudah calon konsumen mengetahui lokasi, nama bisnis, nomor telp, hingga memuat ulasan-ulasan pelanggan. Dengan demikian toko kosmetikmu akan lebih mudah dikenal dan diketahui oleh calon pembelimu.
Dengan kata lain, Google Maps adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis toko kosmetikmu ke calon konsumen terdekat.
Baca Juga: Cara Mendaftarkan Toko Online di Google Maps, Mudah Banget!
Berbisnis Kosmetik Dengan Membuka Toko Online
Kini membuka toko kosmetik tak hanya dapat dilakukan secara offline, melainkan dapat juga melalui media sosial. Di era digital ini, toko kosmetik online menjadi salah satu jenis bisnis kosmetik yang paling digandrungi.
Proses transaksi yang mudah dan praktis juga semakin membuat banyak konsumen beralih melakukan belanja daring. Tak hanya itu, produk-produk kosmetik yang disediakan juga jadi lebih beragam dan bervariasi. Untuk memulai bisnis online ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut.
Modal yang Dibutuhkan
Modal yang dibutuhkan dalam berbisnis toko kosmetik online bisa dibilang lebih sedikit daripada offline. Hal ini karena biaya-biaya untuk toko fisik dan karyawan dapat dikurangi. Sehingga kamu dapat menjalankan bisnismu dari rumah.
Sarana yang diperlukan bisa sangat sederhana, yakni smartphone dan laptop. Selebihnya, media promosi dan pembayaran dilakukan secara online. Supaya dapat mengira-ira, berikut rincian dana modal untuk membuat toko online.
Modal Investasi Toko Kosmetik Online
Modal ini meliputi biaya-biaya yang sifatnya tetap, atau dengan kata lain bisa dijadikan investasi. Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.
Modal Investasi Toko Online | Besarnya Modal (Rp) |
Laptop | 5.000.000 |
Smartphone | 3.000.000 |
Modal Operasional Toko Kosmetik Online
Sementara itu biaya operasional toko kosmetik meliputi upah karyawan, sewa lokasi, biaya telp dan listrik, dan belanja produk-produk kosmetik yang akan dijual. Berikut rincian besarnya modal yang dikeluarkan untuk kurun waktu sebulan pertama.
Modal Operasional Toko Kosmetik Online | Besar Biaya (Rp) |
Pembelian Kosmetik | 10.000.000 |
Listrik | 100.000 |
Kuota | 100.000 |
Lakban dan ATK | 200.000 |
Biaya Iklan di Media Sosial | 300.000 |
Biaya Iklan di Marketplace | 500.000 |
Nah, dari dua tabel di atas, maka dapat kita perkirakan bahwa modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha toko kosmetik online kurang lebih sekitar Rp. 19.200.000. Jumlah ini tentu lebih sedikit daripada membuka toko kosmetik secara offline.
Karenanya, unsaha toko kosmetik online ini cocok untuk pemula. Terlebih, kamu juga bisa mengurangi biaya stok barang dengan mengatur pengiriman menjadi dropship. Artinya, kamu tak perlu menyetok produk, melainkan melakukan penyaluran penjualan dari supplier langsung ke konsumen.
Meski keuntungan menjadi dropship tak sebesar dengan toko online, akan tetapi langkah ini bisa membantu memberikan banyak variasi produk. Sehingga kamu dapat menjangkau konsumen dari berbagai segmentasi.
Estimasi Keuntungan per Tahun dari Usaha Kosmetik Online
Setelah menghitung modal yang kamu keluarkan nantinya, apakah memulai bisnis ini woth it untuk dicoba? Well, mari kita hitung estimasi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam setahun, ya!
Katakanlah dalam satu bulan, kamu bisa menjual produk rata-rata senilai 200 ribu per hari. Maka hitungan omset bulanan dari toko kosmetikmu adalah:
Rp. 200.000 x 30 hari = Rp. 6.000.000,-
Kemudian jumlah ini akan kita kalikan dalam satu tahun, maka penghasilan yang akan kamu dapatkan kurang lebihnya:
Rp. 6.000.000 x 12 bulan = Rp. 72.000.000
Dari pendapatan setahun ini, kamu bisa meraih keuntungan sebesar:
Rp. 72.000.000 – Rp. 19.200.000 (modal usaha) = Rp. 52.800.000
Jumlah keuntungan ini bisa kamu dapatkan dengan catatan, kamu berhasil menjual produk miniaml Rp 200 ribu per hari. Besarnya keuntungan dan kecepatan untuk mengembalikan modal awal ini sangat bergantung pada strategi pemasaran yang kamu rancang.
Misalnya dengan memilih produk kosmetik yang tepat, sesuai dengan kebutuhan target pasar, mempertimbangkan harga jual produk dan tingkat ekonomi konsumen, hingga penawaran atau promo khusus untuk menarik minat mereka.
Langkah Membuka Toko Kosmetik Online
Memilih Platform Toko Online yang Diinginkan
Ada tiga cara utama untuk berjualan secara online, dan masing-masing memenuhi kebutuhan penjualan dan pemasaran tertentu.
Toko Kosmetik di Media Sosial
Cara ini terbilang cukup sederhana dan mudah. Karena kamu hanya perlu membuat akun media sosial untuk bisnismu. Misalnya lewat facebook, Instagram, Line dan sebagainya.
Apalagi banyak dari media sosial telah menyediakan beberapa fitur khusus untuk pebisnis yang mudah digunakan. Yakni Facebook for Business, Facebook Ad, Insta Ads, dan sebagainya.
Tampilan adalah hal yang sangat penting kalau menjual sesuatu di media sosial, termasuk kosmetik. Apalagi tak semua kalangan memakai media sosial yang sama. Misalnya Instagram dan Twitter yang didominasi oleh anak-anak remaja atau anak-anak muda, dan Facebook yang didominasi oleh dewasa hingga paruh baya.
Dengan menentukan konsep yang pas untuk toko kosmetikmu, kamu jadi bisa memilih media sosial mana yang cocok dan potensial untuk usahamu.
Toko Kosmetik lewat Market Place
Beberapa marketplace yang populer di Indonesia antara lain Tokopedia, Buka Lapak, Lazada dan Elevenia.
Marketplace mempertemukan banyak penjual dengan banyak pembeli. Mereka menyediakan tempat, fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi.
Cara membuka toko online di marketplace juga cenderung lebih mudah. Kamu hanya perlu membuat akun di marketplace yang kamu inginkan. Misalnya di Shopee, Tokopedia, dan Lazada.
Selebihnya kamu hanya perlu mengunggah foto produk kosmetik yang ingin dijual. Lengkap dengan harga, deskripsi produk dan bahan-bahannya.
Kosmetik Melalui Website
Cara ini juga bisa disebut sebagai e-commerce. Proses promosi dan pelayanan konsumen dilakukan di website. Contoh e-commerce kosmetik besar di Indonesia adalah sociolla.com.
Untuk membuat website untuk toko kosmetik online ada dua media yang dapat digunakan, yaitu melalui CMS WordPress dan plugin WooCommerce. Analisis dulu kelebihan dan kekurangan membuat website toko online pada kedua media tersebut. Lalu pilih yang cocok dengan kemampuan dan kebutuhanmu.
Melakukan Riset Pasar
Riset ini diperlukan untuk menentukan produk kosmetik apa yang ingin kamu jual. Misalnya adakah produk tertentu yang sedang viral, digemari, dan mendapat feedback yang bagus dari para pembelinya.
Tak hanya itu, riset juga dapat membantumu untuk mencari tahu nilai-nilai yang bisa kamu kembangkan lewat toko kosmetik online-mu. Misalnya dari toko lain, mereka tidak memiliki konsep yang baik, atau barangnya tidak lengkap dan bahkan bisa saja pelayanannya sangat buruk.
Dengan demikian kamu dapat belajar dari mereka dan membuat toko kosmetikmu memiliki nilai lebih di mata pembeli. Hal ini sangat penting untuk membuat pembeli jadi setia dengan brand kosmetikmu.
Cari Supplier yang Terpercaya
Jangan tergiur harga yang super miring ya, kamu tetap harus memperhatikan keamanan dan kelayakan produk kosmetik yang ingin kamu jual. Karena tidak semua yang murah itu berkualitas. Apalagi untuk kosmetik, pasti akan sangat bahaya jika produk yang kamu jual itu ilegal dan tidak aman.
Mengatur Pengiriman dan Pembayaran
Pengiriman dan pembayaran adalah hal yang sangat penting dalam bisnis online. Seperti yang kamu ketahui, orang-orang beralih ke belanja daring karena sifatnya yang praktis. Nah, kalau dengan membeli di tokomu malah bikin ribet, mereka pasti enggak akan ingin melakukan repurchasing.
Namun kamu tak usah khawatir, berbagai jasa pengiriman dan pembayaran kini semakin beragama. Marketplace besar seperti Shopee bahkan memiliki dompet virtual sendiri yang dapat membantu mempermudah transaksi pembayaran.
Sama halnya dengan layanan pengiriman yang juga turut meramaikan pasar online. Mereka menyediakan berbagai pilihan jasa, dari pengiriman barang-barang kecil hingga yang dikemas dalam kardus-kardus besar.
Seiring dengan perkembangan teknologi, disediakan pula aplikasi yang mengizinkan pelanggan untuk melacak pesanan mereka. Pedagang maupun pembeli dapat memasukkan kode resi yang diterima untuk mengetahui posisi barang secara berkala. Tak hanya itu, kamu juga dapat dengan mudah membandingkan tarif pengiriman di antara semua operator untuk menemukan yang paling ideal.
Menyediakan perlengkapan untuk Pengiriman
Yang satu ini emang wajib untuk dipersiapkan oleh pebisnis toko online demi menjamin keamanan produk sampai ke tangan konsumen. Karena apa yang terjadi saat pengiriman di luar kendali kamu. Misalnya apa jangan-jangan selama perjalanan tertindih oleh barang yang lebih besar, atau malah terkena tetesan air dan lain sebagainya.
Kamu tentu tidak ingin mengecewakan pelangganmu bukan? Hal-hal yang dapat kamu persiapkan antara lain, kardus dan bubble wrap. Akan lebih bagus lagi kalau kualitas dar kedua perlengkapan itu terjamin.
Cara Scale Up Pembelian Di Toko Kosmetik
Setelah toko onlinemu jadi, kamu tentu harus mempertahankan agar pembelian terus naik. Apakah kamu tahu apa yang harus dilakukan? Simak lebih jauh ulasan di bawah ini, ya.
Lakukan Promosi yang Tepat
Pemasaran bisnis online memerlukan strategi yang tepat. Kamu tidak boleh asal-asalan dan seenaknya, sehingga iklan dari produk kosmetik yang akan kamu jual dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Nah, berikut strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan.
Optimasi SEO
Agar mudah ditemukan oleh calon pembeli di mesin pencarian Google, website bisnis online yang kamu kelola harus berada di halaman pertama hasil pencarian. Hal ini bisa dilakukan dengan memaksimalkan SEO.
Memaksimalkan Media Sosial
Untuk bisnis online, memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing sudah menjadi kewajiban bagi kamu. Apalagi masyarakat Indonesia tergolong sangat aktif di media sosial.
Namun, dalam praktiknya kamu tidak boleh asal-asalan, melainkan memperhitungkan dan membuat strategi sendiri. Kamu juga harus menentukan target yang ingin diselesaikan.
Buat Foto Produk yang Menarik
Dalam usaha toko kosmetik online, penampilan produk adalah hal yang utama. Orang akan tertarik untuk tahu lebih banyak tentang produk yang dijual ketika dikemas dan ditampilkan dengan cantik.
Berikan Promo dan Gift Untuk Pelanggan Setia
Sebagai layanan konsumen, kamu bisa memberikan mereka hadiah dan bonus atas keloyalan mereka. Meski sedikit, namun para pembeli biasanya akan sangat merasa senang dan dihargai karena itu. Hal ini dapat membantu konsumen semakin setia kepada toko kosmetik online yang kamu dirikan.
Berikan Pelayanan yang Sangat Baik Kepada Pembeli
Kamu pasti mengamati bahwa dalam lapak jual beli online pelayanan penjual menjadi salah satu kategori penilaian yang paling sering konsumen sampaikan. Sebaik apapun produk dan harga kosmetik yang kamu jual, jika pelayananmu kurang baik, pembeli juga akan memberi penilaian buruk dan tak ingin melakukan repurchasing.
Hal ini terjadi karena kredibilitas toko online seringnya konsumen ragukan, apalagi yang belum memiliki track record penjualan yang banyak. Sebagai pemula, kamu juga pasti akan menemui kesulitan ini.
Membangung kepercayaan konsumen memanglah tidak mudah. Kamu harus memberikan pelayanan terbaik, jujur dan cepat tanggap dalam menanggapi permasalahan yang berkaitan dengan keamanan produk atau cara transaksi.
Kamu telah membaca ulasan lengkap tentang bisnis toko kosmetik, baik online maupun offline. Mulai dari modal, langkah membuka toko online/offline, serta bagaimana kiat-kiat untuk menaikkan penjualan.
Jadi jenis toko kosmetik seperti apa yang ingin kamu bangun? Diskusikan di kolom komentar, yuk!
Tapi masa tidak ada bisnis kosmetik yang dapat kita jalankan dengan mudah dan lebih terjamin? Kayaknya untuk menjawab pertanyaan itu, kamu perlu membaca hal itu di sini.
Setiap memulai bisnis sendiri memang memiliki kesulitannya masing-masing. Artinya tidak ada yang benar-benar bebas resiko. Namun yang jadi hal paling penting adalah bagaimana kamu mengatasi permasalahan ini. Untuk itu jangan mudah patah semangat. Kamu harus stay positive dan mampu berpikir out of the box. Dengan demikian bisnis toko kosmetik yang kamu mulai dapat memberikan vibe yang baik pada karyawan dan pelangganmu. Yang mana pastinya memberi banyak keuntungan agar bisnismu makin dikenal dan digemari oleh pembeli.